Hai Bunda, daftar disini

ZAIMATUL FARDA

ZAIMATUL FARDA

Umum

Manfaat Dan Kandungan Gizi Sayur Bayam

Bunda dirumah pasti sdh tidak asing lagi dengan bayam, tau mungkin ada sikecil yang ska klu bundanya masak sayur bayam.... uh lezatnya..... sejak kecil usia 6 bln bayam sdh diperkenalkan pada si kecil untuk MPASI, nah.... sekarang para bunda harus tahu nih Manfaat si bayam yang biasa dikonsumsi SI Popeye.

Bayam sangat baik di konsumsi dipercayai memberi khasiat dan diberikan kepada anak, ibu yang sedang menyusui serta buat orang yang sedang mengalami demam panas, akibat kurang darah, oarang yang mengalami pendarahan serta mereka yang sedang menghadapi masalah ginjal. Sayur bayam tua jika direbus kemudian diminum akan berkhasiat memperbaiki kualitas penglihatan serta untuk memperkuat fungsi hati.

Tak hanya itu, kandungan asam oksalat dan asam folat juga membuat bayam dapat membantu mengatasi beberapa macam penyakit, misalnya mengobati eksim, asma, merawat kulit muka, kulit kepala dan rambut, menurunkan kadar kolesterol, serta mencegah sakit pada gusi. Akan tetapi, manfaat yang besar adalah untuk mengobati rasa lesu, letih dan kurang bergairah sebagai tanda kurang darah atau anemia.

Selain itu, bayam sangat baik sebagai sumber protein, terutama asam amino, kandungan inilah yang sangat penting untuk pembentukan otak. Dari segi lemak, kolesterol dalam bayam nol. Artinya bayam aman untuk dikonsumsi sebanyak apa pun tanpa ada pengaruh kolesterol . Lemak yang terdapat dalam bayam juga termasuk lemak yang jenisnya baik, yaitu lemak tak jenuh.

Vitamin dalam bayam sangat penting, misalnya vitamin A dan E untuk antioksidan sehingga bagi yang rajin mengonsumsi bayam bisa memililki kulit yang halus. Selain itu, antioksidan mampu mencegah radikal bebas dalam udara.

bayam terbukti mampu berperan sebagai antioksidan. Pada sebuah penelitian ditemukan bahwa bayam mengandung antioksidan. Bahkan, kadarnya paling tinggi dibanding 40 jenis buah dan sayur yang biasa dikonsumsi masyarakat Amerika Serikat.Hasil penelitian gizi di Indonesia, diketahui bahwa bayam merupakan sumber vitamin A dan C, mineral besi, kalsium, dan kalium. Kandungan mineral besi pada bayam dua kali lebih banyak dibandingkan sayuran lain. Karena itu, bayam baik banget untuk menjaga kondisi limpa, saluran kencing, dan sistem pencernaan. Bayam juga mempunyai pengaruh laksatif sehingga baik bila digunakan untuk menurunkan berat badan. Pengaturan pola makan yang baik ini akan menjadikan tubuh kita sehat dan bugar, apalagi jika ditambah dengan berolahraga secara teratur.

Ada dua macam jenis sayur bayam yaitu bayam hijau dan bayam merah. Sayur bayam hijau misalnya, bayam berwarna hijau sangat kaya kandungan vitamin A, vitamin C, E juga zat besi misalnya fosforus, magnasium mangan, zink, sodium potasium, bayam juga kaya akan kandungan zat mineral misalnya kalsium, kalium serta Beta Karoten.

Berikut spesifik kandungan bayam dan manfaatnya:

- Manfaat Vitamin A pada bayam

Vitamin A yang berupa retinal akan menyatu dengan opsin (suatu protein) dan membentuk rhodopsin, yang merupakan pigmen penglihatan. Vitamin A juga dapat membantu limposit yaitu salah satu tipe sel darah putih yang fungsinya agar lebih efektif untuk melawan infeksi atau antibody. Selain itu juga berguna untuk memelihara kesehatan pada sel-sel epitel yang terdapat pada saluran pernapasan. Khasita lainnya adalah untuk memicu pertumbuhan. kemudian untuk menangkal radikal bebas serta untuk membentuk dan juga memelihara pertumbuhan pada tulang serta gigi. Manfaat lainnya adalah ntuk menjaga kesehatan pada kulit dan rambut. Disamping itu juga untuk mendukung proses reproduksi.

- Manfaat Vitamin C Pada Bayam

Kandungan vitamin C pada bayam jika dalam jumlah yang tepat dan teratur, memiliki khasiat untuk menghambat terjadinya proses penuaan dini, juga bermanfaat untuk menghaluskan kulit, serta untuk menghambat kinerja enzim tirosinase yaitu enzim yang tugasnya untuk membantu pembentukan pigmen pada kulit. Apabila proses pigmentasi ini terhambat maka kulit pun akan tampak terlihat lebih bersih serta cerah.

- Manfaat Vitamin E Pada Bayam

Vitamin E ini berkhasiat sebagai vitamin antioksidan yang manfaatnya untuk melindungi terjadinya kerusakan pada sel-sel tubuh akibat terjadinya radikal bebas. Fungsinya adalah untuk mengurangi resiko jika terjadi pembekuan darah, untuk mencairkan darah beku, untuk mencegah terjadinya penyumbatan pada pembuluh darah, untuk menguatkan dinding yang ada pada pembuluh darah kapiler, untuk meningkatkan pembentukan sel-sel darah merah, untuk mengurangi kadar zat gula darah, berkahsiat juga untuk memperbaiki kerja insulin, dan untuk meningkatkan kekuatan otot serta stamina.

- Kandungan Zat Besi Pada Sayur Bayam

Zat besi memiliki peran sangat vital bagi tubuh manusaia. Salah satu fungsi yang utama adalah sebagai transportasi ketika mendistribusikan oksigen ke seluruh tubuh. Tidak hanya itu zat besi juga dapat berperan untuk memproduksi hemoglobin dan untuk menyokong sistem kekebalan pada tubuh manusaia. Jadi apabila tubuh manusia kekurangan zat besi, akan mudah kena resiko terserang penyakit.

- Zat mineral Pada Bayam

Zat mineral yang terdapat pada sayur bayam sangat bermanfaat untuk membangun tulang dan juga gigi, impul saraf, untuk kinerja jantung, serta sebagai pembekuan darah yang benar. Juga untuk mendukung struktur tulang, hati, untuk menjaga keseimbangan alkalin pada tubuh. untuk menjaga keseimbangan elektrolit, volume cairan tubuh, serta impul saraf. Selain itu juga untuk memaksimalkan membran sel, sangat penting untuk ritme jantung.

Sekarang para bunda tak perlu ragu lagi mengenalkan bayam buat si kecil, mulailah mengenalkan sayuran kpada sikecil dari bayam karena harganya yang relatif murah, mdh dijangkau dan kandungan gizinya baik buat sikecil. Mg bermanfaat ya bund...

Komentar
0 Komentar