Whatsapp Share

Masa kanak-kanak merupakan masa yang penuh dengan warna dan kreativitas. Dunia Anak sangatlah dinamis, terutama ketika anak menginjak usia 1 tahun ke atas. Anak akan lebih aktif dalam bermain dan belajar, rasa keingintahuan yang tinggi akan mendorong mereka untuk terus bergerak. Di usia ini, anak juga akan lebih suka mengobrol dan bernyanyi, si kecil akan menjelaskan apa yang sedang ia lakukan atau yang ia lihat. Si kecil juga secara tiba-tiba akan sangat suka membantu ibu. Bagi anak usia balita, pekerjaan rumah merupakan hal yang sangat menyenangkan untuk dilakukan. Dengan begitu energi yang dikeluarkan harus digantikan dengan asupan yang pas dengan membuat camilan sehat untuk anak saat beraktivitas.

Usia balita merupakan usia anak yang harus sangat diperhatikan peran seorang Ibu. Mulai banyaknya aktivitas yang dilakukan sang anak juga tentunya membutuhkan energi yang ekstra. Anda harus memperhatikan kebutuhan asupan gizi dan energi yang masuk pada diri anak dengan energi yang dikeluarkan. Sejak bayi usia 0-12 bulan, bayi sudah mulai belajar mengenal rasa namun indra pengecap anak belum sempurna. Saat bayi baru lahir, bayi hanya mengenal rasa manis yang dihasilkan dari ASI secara natural. Memasuki usia 4 sampai 6 bulan, bayi mulai mengenal rasa asin. Sebaiknya sampai usia 1 tahun, bayi tetap diberikan ASI agar indra perasa bayi menjadi sempurna.

Ketika memasuki usia 3 sampai 5 tahun, anak sudah mulai tau rasa dengan jelas. Maka dari itu, terkadang anak susah sekali jika harus makan. Anda harus ekstra kreatif dalam mempersiapkan menu makananan pada anak. Ketika bermain, cobalah untuk membuat camilan sehat untuk anak. Anda bisa membuat camilan sehat untuk anak yang pastinya sudah terjamin kesehatannya dan sudah pasti sehat.

Membuat camilan sehat untuk anak juga harus diperhatikan komposisi dari gizi yang terkandung didalamnya. Dengan membuat camilan sehat untuk anak juga akan membantu tumbuh kembang si anak. Yuk! Mulai membuat camilan sehat untuk anak dengan mengikuti beberapa resep di bawah ini.

Membuat Camilan Sehat Untuk Anak

1. Puding Susu

Membuat camilan sehat untuk anak sangatlah mudah. Namun Anda tetap harus memperhatikan bahan-bahan yang digunakan selama proses membuat camilan sehat untuk anak.

Bahan-bahan:

  • 800 ml susu cair Junio Frisian Flag
  • 2 buah kuning telur
  • ¼ sdt pasta vanila
  • 1 bungkus agar-agar bubuk
  • 125 gr gula pasir
  • ¼ sdt garam

Cara membuat:

  1. Tuang susu cair, agar-agar, dan gula ke dalam panci. Rebus sampai mendidih.
  2. Ambil sedikit adonan rebusan, campur dengan kuning telur. Aduk rata, kemudian masukkan ke rebusan susu. Berikan pasta vanila, lalu aduk rata.
  3. Tuang pada cetakan atau cup, tunggu hingga dingin lalu masukkan ke dalam kulkas sebelum disantap oleh si kecil.

 

2. Puding Susu Jagung

Untuk membuat camilan sehat untuk anak memang perlu kreativitas. Untuk menambah tekstur pada saat membuat camilan sehat untuk anak, Anda bisa menambahkan makanan lain seperti jagung manis pada puding susu.

Bahan-bahan:

  • 2 buah jagung manis, kupas dan ambil butir jagungnya
  • 200 ml susu cair Junio Frisian Flag
  • 700 ml air
  • 1 bungkus agar-agar plain
  • 100 gram gula

Cara membuat:

  1. Blender jagung, lalu di saring.
  2. Campurkan agar-agar, air, dan gula ke panci. Panaskan sambil terus diaduk sampai hampir mendidih
  3. Masukkan jagung, aduk rata. Tunggu sampai mendidih.
  4. Tuang susu, aduk rata.
  5. Tuang puding ke cetakan.

3. Cheesecake Kukus

Membuat camilan sehat untuk anak selanjutnya yang bisa Anda ikuti adalah cheesecake kukus. Tekstur yang lembut serta percampuran keju dan susu sangat baik untuk tumbuh si kecil. Ketika membuat camilan sehat untuk anak, Anda juga harus memperhatikan komposisi serta gizi yang terkandung dalam makanan tersebut.

Bahan-bahan:

  • 125 gram tepung terigu
  • 125 gram gula pasir
  • 100 gram margarin
  • 3 butir telur ayam (suhu ruang)
  • 1 sdt emulsifier (SP/ovalet/TBM)
  • 1 sachet susu kental manis
  • 100 gr susu cair Junio Frisian Flag
  • 75 gram keju cheddar parut

Cara membuat:

  1. Lelehkan margarin bersama dengan keju cheddar parut, aduk sampai rata. Sisihkan.
  2. Di tempat terpisah, campur gula, telur dan emulsifier, lalu kocok dengan mixer sampai kaku, putih, dan berjejak.
  3. Tambahkan terigu, susu bubuk, dan susu kental manis. Aduk dengan teknik aduk balik.
  4. Lalu masukkan margarin dan keju yang sudah dilelehkan, aduk balik sampai tercampur rata.
  5. Siapkan loyang yang sudah diolesi margarin, masukkan adonan.
  6. Panaskan kukusan, lalu kukus adonan sekitar 30 menit, lakukan tes tusuk untuk memastikan kematangannya.
  7. Cheesecake sudah siap untuk disajikan.

Memberikan camilan kepada si kecil juga tidak boleh berlebihan. Anda harus mengolah atau mengatur jam makan camilan untuk anak. Berikan camilan sehat dua sampai tiga kali sehari, pada waktu antara sarapan pagi dengan makan siang dan pada waktu antara makan siang dengan makan malam. Jangan memberikan camilan berdekatan dengan jam makan utama karena anak akan merasa sangat kenyang dan membuat anak nafsu anak untuk makanan utama berkurang.

Selain itu, Anda juga bisa memberikan susu siap minum untuk asupan gizinya sehari hari dalam beraktivitas. Membuat camilan sehat untuk anak dari bahan susu seperti diatas bisa menjadi selingan lainnya, namun memberikan susu UHT siap minum juga tidak kalah penting untuk anak. Susu Siap Minum Frisian Flag Junio yang tersedia dalam ukuran 110 ml adalah susu UHT yang direkomendasikan untuk anak mulai dari usia 1 tahun keatas karena nutrisinya dengan Nutribrain yang mengandung Omega 3 dan 6, serta 9 Vitamin ( Vitamin A, D, B1&B2, B3, B6, B12) dan diperkaya dengan 6 Mineral (Kalsium, Fosfor, Magnesium, Iodium, Zink dan Selenium) membantu tumbuh kembang anak, mengoptimalkan fungsi otak serta memenuhi asupan nutrisinya setiap hari. Susu Junio juga memberikan efek rasa manis yang alami, sehingga susu Junio sangat cocok ketika Anda ingin membuat camilan sehat untuk anak usia 1 tahun ke atas atau sebagai pendamping camilan.

Susu Frisian Flag Junio yang dilengkapi dengan Omega 3 dan 6 yang menjadikan satu satunya susu UHT dengan Nutribrain untuk anak. Jadi, jangan lupa berikan Frisian Flag Junio yang tersedia dalam empat varian rasa yaitu Rasa Stroberi, Rasa Coklat, Rasa Pisang dan Plain Milk agar si Kecil selalu #CerdasCeria setiap hari!