Whatsapp Share

Salah satu kegiatan yang biasa dilakukan oleh si Kecil adalah ngemil camilan. Camilan juga digunakan untuk menunjang makanan si Kecil dan juga termasuk salah satu sumber nutrisi untuk si Kecil dalam melakukan aktivitas. Dalam memberikan camilan secara rutin untuk anak, tak jarang camilan yang diberi ke anak sudah sering dan membuat si Kecil merasa bosan sehingga tidak tertarik untuk memakannya lagi. Ini merupakan salah satu hal yang perlu Ibu perhatikan. Supaya si Kecil tidak merasa bosan, Ibu perlu melakukan kreasi cemilan untuk anak. Tidak perlu pusing mencari berbagai jenis cemilan, Ibu dapat membuat kreasi cemilan untuk anak hanya dengan satu jenis camilan. Kreasi cemilan untuk anak yang dapat Ibu lakukan, seperti mengganti topping dalam camilan tersebut atau dengan mengganti varian rasanya supaya menarik. Daripada Ibu semakin penasaran dengan kreasi cemilan untuk anak, berikut ini terdapat rekomendasi kreasi cemilan untuk anak yang dapat Ibu buat untuk si Kecil agar tetap semangat.

Pancake Banana

Pancake adalah salah satu kreasi cemilan untuk anak yang tentunya banyak disukai oleh si Kecil. Pancake memiliki tekstur yang lembut dan lezat dengan berbagai topping yang unik seperti pisang. Rasa Pancake banana tidak sulit untuk dibuat dan bahan yang diperlukan juga tidak terlalu banyak. Tidak perlu khawatir memerlukan waktu yang banyak, memasak pancake banana ini tidak memerlukan waktu memasak yang lama.

Bahan-bahan pancake banana:

  • 250 gram pisang ambon matang
  • 250 gram tepung terigu berprotein rendah
  • 400 ml susu cair
  • 2 butir telur
  • 2 sendok makan gula pasir
  • 1 sendok makan baking powder
  • 1 sendok teh kayu manis bubuk
  • ½ sendok teh garam
  • 1 sendok teh ekstrak vanilla

Topping:

  • Pisang ambon, diiris tipis
  • Madu
  • Blueberry

Cara membuat pancake banana:

  1. Campurkan 250 gram tepung terigu berprotein rendah, 1 sendok makan baking powder, 2 sendok makan gula pasir, ½ sendok teh makan, 1 sendok teh kayu manis bubuk ke dalam wadah dan diaduk hingga rata.
  2. Masukkan 400 ml susu cair, 250 gram pisang ambon matang, 2 butir telur, 1 sendok teh ekstrak vanilla ke dalam blender. Blender hingga halus.
  3. Setelah itu, tuangkan campuran susu ke dalam campuran tepung. Diaduk hingga rata menggunakan balon
  4. Selanjutnya, panaskan wajan anti lengket. Tuang 1 sendok sayur adonan pancake ke wajan kemudian masak hingga matang lalu angkat.
  5. Terakhir, letakkan pancake yang sudah matang ke piring saji dan berikan topping sesuai selera.
  6. Yummy! Pancake banana siap disantap oleh si Kecil.

Catatan: kreasi cemilan untuk anak pada pancake ini Ibu dapat menggunakan topping yang bervariasi yang dapat disesuaikan dengan kesukaan si Kecil. Topping yang dapat digunakan, seperti selai strawberry, madu, atau berbagai macam buah-buahan.

Ice Strawberry Jelly Drink

Kreasi cemilan untuk anak lainnya yang mudah dan tentunya disukai oleh si Kecil adalah ice strawberry jelly drink. Ice strawberry jelly drink memiliki rasa yang beragam. Rasa manis asam yang dihasilkan dari strawberry, rasa kenyal yang dihasilkan dari jelly, dan sensasi segar dari es batu menyatu di ice strawberry jelly drink ini.

Bahan Strawberry Jelly Drink:

  • 3 sendok makan madu
  • 500 ml air
  • 300 gram es batu

Bahan strawberry jelly:

  • 1 bungkus jeli bubuk instan rasa strawberry
  • 700 ml air
  • 75 gram strawberry dicincang halus
  • 75 gram gula pasir

Cara membuat strawberry jelly drink:

  1. Tuang 1 bungkus jeli bubuk instan rasa strawberry, 700 ml air, 75 gram strawberry yang sudah dicincang halus, dan 75 gram gula pasir ke dalam panci. Diaduk terus dan masak hingga mendidih.
  2. Setelah mendidih, tuang jeli ke dalam wadah yang tahan panas lalu dinginkan.
  3. Setelah jeli sudah dingin, keluarkan dari cetakan kemudian potong dadu atau dicincang sesuai selera Ibu yang mudah dimakan oleh si Kecil.
  4. Untuk membuat minumannya, masukkan 300 gram es batu, 3 sendok makan madu, dan 500 ml air ke dalam blender lalu blender hingga halus.
  5. Tuang jeli ke dalam gelas saji kemudian tuangkan minuman madu ke dalam gelas. Hias dengan garnish yang menarik.
  6. Yey! Ice strawberry jelly drink siap diminum untuk si Kecil.

Catatan untuk ice strawberry jelly drink: apabila jeli tersisa banyak, bisa disimpan ke dalam lemari es. Ibu dapat mengubah minumannya dengan sirup, milk tea, atau dengan varian rasa lainnya untuk membuat kreasi cemilan anak yang menarik.

Tips Membuat Camilan untuk Si Kecil

Selain rekomendasi resep kreasi cemilan untuk anak, ada beberapa tips yang dapat Ibu ikuti. Tips ini dapat membantu Ibu dalam membuat kreasi cemilan untuk anak. Yuk, simak tips membuat camilan untuk si Kecil di bawah ini, Ibu!

  1. Buatlah kreasi cemilan untuk anak yang ringan tetapi menarik, seperti cookies, stick keju, atau bola-bola kentang.
  2. Apabila anak tidak suka memakan sayur maka Ibu dapat membuat kreasi cemilan untuk anak dengan cara memasukkan sayuran ke camilan tersebut. Seperti risoles yang diberi sayuran di dalamnya ataupun oatmeal yang dilengkapi dengan sayur.
  3. Dalam membuat kreasi cemilan untuk anak, gunakan cetakan makanan yang berkarakter hewan atau karakter lucu yang disukai oleh si Kecil untuk menarik perhatiannya. Setelah selesai membuat kreasi cemilan untuk anak, Ibu juga dapat menyajikan dengan plating yang menarik dengan menambahkan hiasan-hiasan lucu.
  4. Gunakanlah bahan yang mengandung banyak nutrisi untuk si Kecil, seperti buah-buahan, sayur-sayuran, umbi-umbian, telur, dan susu. Buah-buahan memiliki kandungan kaya akan nutrisi yang bagus untuk si Kecil. Sayur-sayur memiliki manfaat penambahan zat besi dan vitamin untuk anak. Umbi-umbian dapat digunakan untuk pengganti nasi atau pemenuhan karbohidrat. Telur mengandung protein yang tinggi untuk kebutuhan anak.

Susu juga tak kalah penting karena susu sangat baik untuk pertumbuhan anak. Ibu juga dapat memberikan susu siap minum, salah satu rekomendasi susu untuk anak mulai usia 1 tahun adalah susu UHT siap minum Frisian Flag Junio untuk si Kecil sebagai camilan karena kaya akan nutrisi yang baik untuk si Kecil. Susu siap minum Frisian Flag Junio dengan Nutribrain dilengkapi dengan omega 3 dan 6. Selain itu, terdapat juga kandungan 9 vitamin (Vitamin A, D, B1, B2, B3, B6, B12) serta diperkaya dengan 6 mineral (Kalsium, Fosfor, Magnesium, Iodium, Zink, dan Selenium). Kandungan pada susu Junio sesuai dengan nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh anak dengan usia 1 tahun yang dapat membantu tumbuh kembang anak serta dapat mengoptimalkan fungsi otak anak.

Susu siap minum Frisian Flag Junio tersedia dalam ukuran 110 ml yang merupakan susu UHT untuk anak usia 1 tahun ke atas, cukup dengan camilan sehat si Kecil. Konsumsi minimal 2 kotak Frisian Flag Junio dalam sehari untuk mengisi waktu jeda antara sarapan dan makan siang, serta makan siang dan makan malam. Frisian Flag Junio tersedia dalam empat varian rasa, yaitu Rasa Stroberi, Rasa Coklat, Rasa Pisang, dan Plain Milk agar si Kecil selalu #CerdasCeria setiap hari. Berbagai varian rasa dalam susu Frisian Flag Junio memiliki rasa yang lezat tanpa gula tambahan sehingga sangat aman dan sehat untuk si Kecil.

Itulah beberapa rekomendasi resep kreasi cemilan untuk anak dan tips memilih camilan untuk si Kecil yang dapat Ibu ikuti. Tetap semangat ya, Bu, untuk membuat kreasi cemilan untuk anak!