Whatsapp Share

Tahukah Ibu, selain makanan utama, seperti sarapan, makan siang, dan makan malam, camilan juga sangat penting dibutuhkan untuk si kecil. Camilan dibutuhkan untuk menunjang kebutuhan gizi yang dibutuhkan oleh si kecil. Camilan untuk si kecil dengan mudah didapatkan, bisa dengan cara membuat sendiri mengikuti resep camilan anak atau apabila ingin lebih praktis dapat dibeli di toko terdekat. Walaupun begitu, membeli camilan untuk si kecil belum tentu baik dan kualitas yang diberikan tidak terjamin. Dikhawatirkan camilan yang terjual bebas mengandung bahan pengawet, pewarna, serta pemanis buatan yang dapat mengganggu kesehatan si kecil. Alangkah baiknya, Ibu membuat camilan sendiri untuk si kecil. Banyak resep camilan anak yang sehat dan mudah dilakukan yang beredar. Hal ini tentunya membuat Ibu mencari-cari berbagai resep camilan anak yang mudah dilakukan. Resep camilan anak ini dapat dengan mudah Ibu lakukan, apalagi ketika Ibu sibuk dengan pekerjaan. Hanya dengan 3 langkah mudah dan mengikuti resep camilan anak, Ibu sudah bisa membuat camilan yang enak. Simak resep camilan anak di bawah ini yang dapat Ibu ikuti.

Coco Banana Popsicles

Bahan-bahan yang perlu dipersiapkan dalam resep camilan anak coco banana popsicles:

  • 3 buah pisang
  • 100 gram dark cooking chocolate
  • 1 sendok teh butter
  • Meises secukupnya

Cara membuat coco banana popsicles:

  1. Potong masing-masing pisang menjadi 2 bagian kemudian tusuk dengan tusuk sate.
  2. Lelehkan 100 gram dark cooking chocolate dan berikan 1 sendok teh butter lalu diaduk rata.
  3. Celupkan pisang ke dalam coklat yang sudah dilelehkan lalu taburi dengan meses sesuai dengan selera. Masukkan ke dalam freezer hingga coklat membeku. Tadaa! Coco banana popsicles bisa disantap oleh si kecil.

Catatan untuk resep camilan anak coco banana popsicles: Ibu bisa mengganti meises dengan topping lainnya yang menarik, seperti kacang dan keju.

Puding Cokelat

Bahan-bahan yang digunakan dalam resep camilan anak puding coklat:

  • 1 bungkus agar-agar coklat
  • 1 bungkus agar jelly coklat
  • 1100 ml susu cair coklat
  • 150 gram gula pasir
  • 100 gram dark cooking chocolate (DCC) dilelehkan dengan cara ditim

Cara membuat puding coklat:

  1. Masukkan 1100 ml susu cair coklat, 1 bungkus agar-agar coklat, 1 bungkus agar jelly coklat, dan 150 gram gula pasir ke dalam wadah kemudian masak dengan api kecil sambil diaduk-aduk terus hingga mendidih. Setelah mendidih, matikan api.
  2. Masukkan DDC yang sudah dilelehkan, aduk hingga rata. Setelah selesai, tuang ke loyang puding.
  3. Masukkan ke dalam kulkas supaya set. Sajikan puding coklat ketika dingin, yummy!

Catatan untuk resep camilan anak puding coklat: Ibu dapat menggunakan loyang yang bervariasi supaya menarik dan bisa menambahkan beberapa topping ke puding coklat, seperti oreo, regal, dan vla vanilla yang sangat mudah untuk dilakukan.

Vla vanilla:

Bahan-bahan untuk membuat vla vanilla:

  • 500 ml susu cair
  • 80 gram gula pasir
  • 1 kuning telur
  • 20 gram tepung maizena
  • ΒΌ sendok teh vanilla ekstrak

Cara membuat vla vanilla:

  1. Masukkan semua bahan ke dalam wadah kemudian masak dengan api kecil, diaduk-aduk terus secara perlahan hingga mendidih.
  2. Tuang ke atas puding coklat dan sajikan.

Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Memberi Camilan untuk Anak

Camilan untuk anak emang penting untuk diberikan. Ada banyak manfaat yang bisa didapatkan dari memberikan camilan untuk si kecil. Walaupun camilan hanya sebagai penunjang tetapi dalam memberi camilan anak juga harus diperhatikan dengan baik. Ada peraturan yang perlu diperhatikan oleh Ibu supaya si kecil tetap sehat, makan teratur, dan gizi yang didapatkan tercukupi. Ibu juga harus memperhatikan resep camilan anak yang pas dan memiliki kandungan nutrisi yang baik. Yuk Ibu, simak penjelasan beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memberikan camilan untuk anak di bawah ini.

  1. Atur Waktu Memberikan Camilan

    Dalam memberikan camilan, Ibu perlu memperhatikan waktu memberi camilan untuk si kecil. Jangan memberikan camilan dekat dengan jam makan utama ataupun pada saat jadwal makan utama. Hal ini dapat membuat si kecil merasa kenyang dan menolak untuk makan makanan berat. Ibu bisa memberikan camilan ke si kecil satu kali hingga dua kali dalam sehari. Atur waktu yang pas untuk memberikan camilan, seperti diantara waktu sarapan dan makan siang atau pada sore hari sebelum makan malam. Ibu juga bisa memberikan pada saat si kecil sedang bermain atau melakukan kegiatan aktivitas lainnya.

  2. Takaran Gula yang Tidak Berlebihan

    Sering kali banyak dijumpai camilan anak yang memiliki rasa yang sangat manis. Camilan anak yang manis memiliki risiko yang dapat berdampak buruk ke kesehatan si kecil, seperti kerusakan gigi. Tentunya Ibu tidak akan ingin hal ini terjadi, oleh karena itu disarankan Ibu untuk membuat camilan sendiri untuk si kecil supaya takaran gula yang terdapat pada camilan dapat dikontrol. Banyak resep camilan anak sehat yang dapat ikuti, Ibu juga dapat melakukan variasi terhadap resep camilan anak yang Ibu ikuti supaya lebih menarik. Namun, perlu diperhatikan juga, tak jarang resep camilan anak memiliki takaran gula yang berlebih juga. Oleh karena itu, harus diperhatikan dengan baik dalam memilah resep camilan anak ya, Ibu! Apabila Ibu ingin yang camilan lebih praktis tapi sehat, Ibu dapat memberikan susu siap minum Frisian Flag Junio karena susu UHT ini sangat bernutrisi dan yang paling pentingnya tanpa tambahan gula sehingga Ibu tidak perlu khawatir, deh!

  3. Mengandung kandungan nutrisi yang seimbang

    Tidak hanya menu makanan utama yang harus memiliki kandungan nutrisi yang lengkap tetapi dalam memberi camilan anak juga harus diperhatikan kandungan nutrisinya lho, Bu. Camilan yang baik untuk si Kecil adalah camilan yang mengandung banyak serat, vitamin, mineral yang dapat memberikan energi dan membantu proses kembangnya si kecil. Ibu juga harus memperhatikan jumlah kalori yang dimakan oleh si kecil. Apabila memberikan kelebihan kalori maka akan berdampak berbahaya ke kesehatannya, seperti obesitas. Selain resep camilan anak, rekomendasi camilan sehat yang banyak mengandung nutrisi dapat diberikan ke anak mulai usia 1 tahun adalah susu UHT siap minum Frisian Flag Junio. Susu siap minum Frisian Flag Junio adalah susu UHT yang diformulasikan khusus untuk anak dengan Nutribrain yang dilengkapi Omega 3 dan 6. Terdapat juga kandungan 9 Vitamin (Vitamin A, D, B1&B2, B3, B6, B12) dan diperkaya dengan 6 Mineral (Kalsium, Fosfor, Magnesium, Iodium, Zink, dan Selenium).

Kandungan pada susu Junio sesuai dengan nutrisi yang dibutuhkan oleh anak dengan usia 1 tahun yang dapat membantu tumbuh kembang anak serta dapat mengoptimalkan fungsi otak anak. Susu Frisian Flag Junio tersedia dalam ukuran 110 ml yang merupakan susu UHT untuk anak usia 1 tahun ke atas, cukup untuk camilan sehat si Kecil. Jadi, jangan lupa untuk memberikan Frisian Flag Junio yang tersedia dalam empat varian rasa, yaitu Rasa Stroberi, Rasa Coklat, Rasa Pisang, dan Plain Milk agar si Kecil selalu #CerdasCeria setiap hari!

Nah, begitulah Ibu resep camilan anak dan hal-hal yang perlu diperhatikan dalam membuat camilan anak. Selamat mencoba ya, Bu!