Whatsapp Share

Golden Age! Dimana dalam usia 0-5 tahun merupakan masa dimana Ibu sebagai orang tua berperan sangat besar dalam perkembangan anak. Guna mendukung masa aktif si kecil, Ibu harus tepat dalam menentukan menu makanan untuk si kecil guna meningkatkan daya tahan tubuh maupun nutrisi kebutuhan otak anak. Ketika anak menginjak usia 3-5 tahun anak akan lebih aktif dalam bermain dan belajar, rasa keingintahuan yang tinggi akan mendorong mereka untuk terus bergerak. Anak akan lebih sering memperhatikan orang dewasa sekelilingnya dan meniru apa yang dilakukan.

Untuk itu, guna mencukupi kebutuhan energi dan nutrisi sehari-hari si kecil berikanlah makanan ringan di sela waktu bermainnya. Dalam memberikan cemilan, biasanya diberikan pada pagi hari beberapa jam sesudah sarapan pagi atau beberapa jam sebelum makan siang. Lalu yang kedua diberikan pada sore hari sebelum anak makan malam. Memberikan cemilan di sore hari dibutuhkan untuk membuat anak tetap fokus dalam mengerjakan suatu hal seperti belajar dan bermain, serta mengganjal perut sebelum tiba waktunya makan malam. Dalam memberikan cemilan sehat untuk anak Ibu harus memperhatikan bagaimana nutrisi yang terkandung didalamnya. Memilih cemilan sehat untuk anak sangatlah penting guna tumbuh kembang anak kedepannya.

Membuat cemilan sehat untuk anak sebaiknya Ibu buat sendiri dirumah agar lebih terjamin nutrisinya serta lebih terjaga kebersihannya. Banyak pilihan yang bisa Ibu pilih untuk memberikan cemilan sehat untuk anak. Berikut berbagai pilihan cemilan sehat untuk anak konsumsi!

Pilihan Cemilan Sehat Untuk Anak!

  1. Buah

    Buah merupakan cemilan sehat untuk anak yang sangat baik untuk dikonsumsi. Mengenalkan berbagai macam rasa lewat buah merupakan cara yang tepat karena buah menghasilkan rasa yang alami. Selain itu, buah juga memiliki berbagai vitamin yang baik untuk tumbuh kembang anak. Ibu bisa mengakali memberikan buah kepada anak dengan dipotong kecil-kecil atau dibentuk dan ditata agar lebih menarik.

    Buah yang sangat disarankan sebagai cemilan sehat untuk anak adalah buah seperti strawberry, blueberry dan blackberry kaya akan zat antioksidan seperti vitamin C. Sejumlah studi menunjukan bahwa buah beri dapat memperbaiki daya ingat, sehingga sangat baik untuk memberikan nutrisi otak anak Ibu dengan sangat baik.

  2. Kroket Kentang dengan Keju

    Cemilan sehat untuk anak berikutnya adalah kroket kentang dengan keju. Keju sangatlah baik untuk anak-anak, sedangkan karbohidrat yang terdapat di kentang dapat menjaga energi anak agar tetap aktif. Sebuah penelitian dari Nutritional Journal, keju dapat meningkatkan angka kecukupan mineral dan vitamin anak. Hal ini dikarenakan keju memiliki kandungan kalsium, magnesium, vitamin A dan D.

    Bahan-bahan:

    • 1 kg kentang
    • 1 batang seledri
    • 8-10 sdm tepung jagung atau maizena
    • 1 sdm gula pasir
    • 1 sdm garam
    • 1 sdm lada
    • 1 bungkus keju kotak
    • 100 ml Susu UHT Junio Frisian Flag

    Cara membuat:

    1. Kukus kentang sampai terasa lunak selama 30 menit.
    2. Tumbuk kentang sampai halus lalu berikan susu UHT.
    3. Iris batang seledri tipis-tipis dan parut keju kotak.
    4. Campuran semua bahan ke dalam wadah.
    5. Jangan lupa untuk menguleni adonan dan dibentuk menjadi bulat.
    6. Masukkan adonan ke dalam freezer selama 1 jam
    7. Keluarkan kembali adonan dan goreng hingga matang dengan api sedang.
    8. Sajikan hangat-hangat.
  3. Bubur Kacang Hijau

    Kacang hijau merupakan cemilan sehat untuk anak yang sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi mengingat nutrisinya yang sangat lengkap untuk memberikan nutrisi otak anak Ibu. Selain tinggi kadar protein dan karbohidrat kompleks, kacang hijau juga memiliki kandungan vitamin C, asam folat, zat besi, zinc, potassium, magnesium, tembaga, mangan, fosfor dan vitamin yang penting bagi tubuh dan perkembangan otak si kecil.

    Bahan-bahan:

    • 2 genggam biji kacang hijau (direndam 3 jam)
    • 3-4 sdm gula pasir (sesuai selera)
    • secukupnya Air matang
    • 1 buah daun pandan (optional)
    • Sejumput garam

    Cara membuat:

    1. Cuci biji kacang hijau sampai bersih. Setelah itu masak bubur kacang hijau seperti biasa.
    2. Masukkan biji kacang hijau, daun pandan 1 buah ikat simpul, dan air sekitar 750 ml banyak ke dalam panci. Rebus kacang hijau sampai empuk dan lembut.
    3. Setelah kacang hijau lembut dan empuk, masukkan gula pasir sesuai selera, masukkan garam juga, sesudah itu aduk rata dan dibiarkan mendidih beberapa saat supaya gula mencair.
    4. Bubur kacang hijau siap disajikan.
  4. Selai Kacang

    Kacang merupakan cemilan sehat untuk anak Ibu, yang kaya akan vitamin E dan juga antioksidan yang dapat melindungi membran sel-sel otak terhadap radikal bebas, terutama kacang macadamia dan almond. Untuk hasil terbaik, pilihlah selai kacang yang rendah gula dan natrium agar nutrisi otak anak Ibu tercukupi. Ibu bisa memberikan roti dengan selai kacang di dalamnya.

  5. Susu UHT Siap Minum

    Pilihan cemilan sehat untuk anak yang terakhir adalah susu. Banyaknya aktivitas yang dijalani oleh si kecil akan menguras energinya, untuk itu jangan lupa untuk memberikan susu UHT siap minum untuk mengisi kembali energi yang terbuang. Salah satu rekomendasi susu untuk anak usia 1 tahun ke atas adalah susu UHT siap minum Frisian Flag Junio karena nutrisinya yang baik untuk otak anak.

Susu Siap Minum Frisian Flag Junio dengan Nutribrain yang dilengkapi Omega 3 dan 6 juga kandungan 9 Vitamin (Vitamin A, D, B1&B2, B3, B6, B12) serta diperkaya dengan 6 Mineral (Kalsium, Fosfor, Magnesium, Iodium, Zink dan Selenium). Kandungan pada susu Junio sesuai dengan nutrisi yang dibutuhkan oleh anak dengan usia 1 tahun yang dapat membantu tumbuh kembang serta dapat mengoptimalkan fungsi otak anak. Tersedia dalam ukuran 110 ml yang merupakan susu UHT untuk anak usia 1 tahun ke atas, cukup untuk camilan sehat si Kecil.

Konsumsi minimal 2 kotak Frisian Flag Junio dalam sehari untuk mengisi waktu jeda antara sarapan dan makan siang, serta makan siang dan malam untuk mendukung kurang lebih 6% asupan protein, vitamin dan mineral yang dibutuhkan dalam aktivitas sehari-hari si Kecil dalam kemasan praktis yang siap dikonsumsi dalam semua aktivitas, baik di dalam maupun luar ruangan. Jadi, jangan lupa berikan Frisian Flag Junio yang tersedia dalam empat varian rasa yaitu Rasa Stroberi, Rasa Coklat, Rasa Pisang dan Plain Milk agar si Kecil selalu #CerdasCeria setiap hari!