Whatsapp Share

Liburan keluarga merupakan salah satu kegiatan yang menyenangkan terutama pada saat waktu liburan atau pada saat akhir pekan. Berlibur bersama keluarga tentunya akan menjadi momen yang tak terlupakan dan akan menjadi kenangan manis. Memanfaatkan waktu singkat untuk pergi ke suatu tempat yang menyenangkan untuk menghabiskan waktu sejenak dan menghilangkan rasa penat. Salah satu kota yang memiliki banyak wisata adalah Yogyakarta. Kota Gudeg ini banyak dikunjungi oleh wisatawan karena banyaknya tempat-tempat wisata yang dapat dikunjungi. Bagi Ibu yang berencana untuk berlibur, tentunya sedang mencari destinasi wisata Jogja yang ramah anak dan cocok untuk keluarga. Wisata Jogja ramah anak juga sangat banyak yang dapat dikunjungi oleh keluarga Ibu dan si kecil. Dalam merencanakan liburan ini, terdapat beberapa ceklis yang perlu Ibu perhatikan.

Memilih Tempat Liburan, Cari yang Dekat dan Ramah Anak

Memilih wisata Jogja ramah anak sangat penting untuk dilakukan karena ini berhubungan dengan si kecil supaya si kecil dapat menikmati liburannya. Banyak pilihan wisata Jogja ramah anak yang dapat dikunjungi bersama keluarga untuk bersantai dan menghabiskan waktu bersama. Ingin tahu tempat wisata Jogja ramah anak yang dapat dikunjungi oleh keluarga? Simak beberapa deretan wisata Jogja ramah anak di bawah ini yang dapat membuat si kecil Bahagia.

  1. Jogja Bay Adventure Pirates Waterpark

    Mengajak si kecil berenang dan bermain berbagai macam wahana permainan adalah suatu kegiatan yang seru. Bagi Ibu yang ingin mengajak si kecil bermain air, Ibu dapat mengajaknya ke Jogja Bay Adventure Pirates Waterpark. Dengan menggunakan konsep bajak laut akan menarik perhatian si kecil. Di tempat ini, terdapat banyak wahana yang disukai oleh berbagai pengunjung segala usia. Ibu tidak perlu khawatir, tempat ini dilengkapi dengan sistem keamanan yang canggih dan menjadi wisata Jogja ramah anak. Selain wahana permainan, Jogja Bay juga mempunyai program edukasi yang bernama Mimi Bermain. Di program Mimi Bermain ini, anak-anak akan diajak untuk bermain sambil belajar dan berkarya, seperti membatik, kreasi membuat kue, dan mengenal tanaman langka dan manfaatnya.

  2. Taman Pintar

    Tempat wisata Jogja ramah anak yang pertama adalah Taman Pintar. Taman Pintar berlokasi di Jl. Panembanan Senopati No. 1-3, Yogyakarta. Taman Pintar adalah salah satu wahana bermain sekaligus tempat belajar ilmu sains yang cocok untuk anak-anak. Tempat wisata edukasi yang terletak tidak jauh dari Jl. Malioboro ini banyak menyediakan berbagai macam wahana permainan dan juga memberikan Pendidikan secara tidak langsung yang pastinya akan membuat si kecil merasa senang. Dengan mengunjungi Taman Pintar, anak-anak dapat memperluas dan memperdalam mengenai ilmu sains melalui pengamatan yang dilakukan secara langsung. Taman Pintar dapat dijadikan salah satu list Ibu dalam memilih wisata Jogja ramah anak sekaligus dapat bermain sambil belajar.

  3. Kebun Binatang Gembira Loka

    Tempat wisata Jogja ramah anak yang selanjutnya adalah Kebun Binatang Gembira Loka. Kebun binatang ini memiliki banyak koleksi hewan yang lengkap dan pastinya dirawat dengan baik. Kebun Binatang Gembira Loka terletak di pusat kota Yogyakarta, yaitu berada di Jl. Kebun Raya No. 2, Yogyakarta. Ibu dapat membawa si kecil untuk melihat langsung hewan-hewan, yakni gajah, jerapah, kuda nil, zebra, dan beberapa hewan lainnya yang menarik. Tidak hanya melihat saja, si kecil juga dapat berinteraksi langsung dengan hewan-hewan, seperti naik gajah atau unta lalu dapat memegang reptil secara langsung. Ibu tidak perlu khawatir karena hewan-hewan yang ada di Kebun Binatang Gembira Loka ini sudah sangat jinak dan tidak berbahaya. Selain itu, atraksi lain yang bisa dilihat adalah feeding time atau waktu pemberian makan, yaitu dapat melihat pawang memberikan makan kepada harimau, ular, arapaima, dan pucuk hitam. Wisata Jogja ramah anak satu ini juga terdapat beberapa wahana rekreasi yang menarik, seperti perahu katamaran, speed boat, bumper boat, skuter air, banana orca boat, perahu kayuh, dan wahana rekreasi lainnya.

  4. Kids Fun Parc Yogyakarta

    Dari nama tempatnya saja pasti sudah tahu bahwa Kids Fun Yogya adalah tempat yang pas buat anak-anak bermain. Wisata Jogja ramah anak satu ini menawarkan banyak wahana untuk si kecil, mulai dari bombom car, gokart, rafting, flying fox, dan masih banyak lagi wahana seru lainnya yang dapat dimainkan oleh seluruh keluarga. Selain wahana seru, wisata ini juga mempunyai parade pertunjukkan edukatif untuk si kecil dan keluarga Ibu. Ibu dapat memasukkan Kids Fun Yogya ini ke salah satu daftar wisata Jogja ramah anak.

  5. Teddy Bear World Jogja

    Tempat wisata Jogja ramah anak yang terakhir adalah Teddy Bear World Jogja. Mendengar namanya apa Ibu langsung membayangkan banyaknya boneka Teddy Bear? Yup, benar sekali karena di tempat ini banyak boneka Teddy Bear yang berukuran hampir sebesar orang dewasa. Ibu dapat mengajak si kecil berfoto ria dengan boneka-boneka Teddy Bear. Di tempat wisata Jogja ramah anak ini Ibu dan si kecil seperti diajak keliling dunia karena terdapat banyak sekali spot foto dengan tema yang beragam.

Apa Saja yang Mesti Dilakukan Sebelum Ajak Si Kecil Liburan

Sangat menyenangkan saat membawa buah hati untuk liburan. Hal ini dapat membuat keluarga semakin dekat dan akan membuat kenangan manis untuk si kecil. Apalagi jika mengajak si kecil yang semakin pintar dan suka mengeksplor hal-hal baru yang ada di sekitarnya. Namun, membawa si kecil untuk liburan, Ibu membutuhkan persiapan yang sangat matang untuk menghindari si kecil rewel dan dapat menikmati perjalanan. Sangat penting untuk menjaga mood si kecil karena ketika si kecil rewel dapat mempengaruhi mood orang tuanya. Tentunya Ibu ingin menikmati perjalanan, bukan? Maka, simak beberapa hal yang perlu dilakukan sebelum ajak si kecil liburan di bawah ini.

  1. Jaga Kesehatan Anak

    Sebelum mengajak si kecil untuk liburan, sebaiknya Ibu memastikan kondisi si kecil terlebih dahulu apakah kondisinya sehat untuk diajak untuk berlibur atau tidak. Jika kondisi si kecil sehat dan mumpuni untuk diajak liburan maka Ibu dapat lanjut untuk mencari destinasi wisata ramah anak, apabila kondisinya tidak sehat maka lebih baik rencana untuk berlibur diundur. Pastikan juga si kecil tidak terlalu kelelahan dan mengonsumsi makanan yang bergizi sebelum liburan.

  2. Wisata Jogja Ramah Anak

    Sebelum berangkat liburan, tentunya harus merencanakan dulu ingin pergi liburan kemana. Dalam memilih tempat wisata, Ibu harus memperhatikan wisata Jogja ramah anak. Wisata Jogja ramah anak yang dapat dikunjungi, seperti kebun binatang, wahana bermain, atau pertunjukan atraksi. Selain wahana permainan, wisata Jogja ramah lainnya, yaitu Ibu dapat mengajak si kecil ke wisata alam, seperti pantai, persawahan, perkebunan sehingga pada saat liburan juga dapat memberikan edukasi kepada si kecil. Liburan tidak selalu harus pergi ke wahana permainan, alam juga dapat dijadikan tempat wisata yang menyenangkan.

  3. Kebutuhan dan Perlengkapan Anak

    Ibu perlu mempersiapkan kebutuhan dan perlengkapan anak pada saat liburan nanti. Ibu dapat membuat daftar kebutuhan dan perlengkapan anak untuk mempermudah mempersiapkannya dan agar tidak ada satupun barang yang tertinggal. Mulai dari pakaian, popok, tisu, camilan, hingga body care anak. Disarankan untuk membawa kebutuhan perlengkapan anak yang lebih, jangan pas-pasan karena Ibu tidak tahu apa yang akan terjadi selama di perjalanan atau pada saat sampai di tempat wisata. Pakaian basah, ngompol, atau makanan yang tidak sengaja tumpah kerap terjadi pada saat berlibur dengan si kecil.

  4. Membawa Mainan Kesayangan Anak

    Perjalanan yang cukup jauh untuk sampai ke tempat destinasi wisata, pastinya akan membuat si kecil bosan, rewel, hingga nangis. Dalam menangani masalah ini, Ibu dapat membawa barang-barang yang dapat menenangkan si kecil dan membuat si kecil tidak bosan, seperti membawa mainan kesayangan si kecil. Bawalah mainan kesayangan si kecil, tidak perlu membawa mainan yang besar, bawalah mainan yang berukuran kecil agar mudah dibawa. Ibu juga bisa membawa buku cerita yang dapat dibaca bersama saat di perjalanan supaya si kecil tidak bosan.

  5. Membawa Camilan Kesukaan Anak

    Selain anak nangis dan rewel karena bosan, anak rewel juga bisa dikarenakan kelaparan. Dalam perjalanan yang jauh, belum tentu ada penjual makanan yang biasanya dikonsumsi anak. Membeli makanan sembarangan pada saat perjalanan juga tidak terjamin kualitasnya dan kandungan nutrisinya untuk anak. Oleh karena itu, Ibu harus mempersiapkan camilan yang mudah dibawa untuk si anak yang mengandung banyak nutrisi, seperti buah-buahan, biskuit, dan susu Frisian Flag Junio. Susu Frisian Flag Junio yang tersedia dalam empat varian rasa, yaitu Rasa Stroberi, Rasa Coklat, Rasa Pisang dan Plain Milk agar si Kecil selalu #CerdasCeria setiap hari selama berliburan di wisata Jogja ramah anak.

Diantara beberapa daftar wisata Jogja ramah anak tersebut, apakah sudah ada yang Ibu masukkan ke dalam list yang akan Ibu dan si kecil kunjungi? Jika sudah ada, Ibu jangan lupa untuk mempersiapkan beberapa hal yang sudah dijelaskan di atas, ya. Pastikan juga tidak lupa untuk selalu membawa susu Frisian Flag Junio disetiap perjalanan dan liburan, ya, Bun. Susu Junio salah satu rekomendasi susu untuk anak mulai usia 1 tahun sebagai camilan sehat karena nutrisinya yang baik untuk anak.

Ibu dapat mengandalkan Susu Frisian Flag Junio sebagai camilan si kecil pada saat di perjalanan atau pada saat sudah sampai di tempat wisata Jogja ramah anak. Susu Siap Minum Frisian Flag Junio dengan Nutribrain direkomendasikan untuk camilan si Kecil mulai dari usia 1 tahun karena dilengkapi omega 3 dan omega 6 juga kandungan 9 Vitamin (Vitamin A, D, B1&B2, B3, B6, B12) serta diperkaya dengan 6 Mineral (Kalsium, Fosfor, Magnesium, Iodium, Zink, dan Selenium). Ibu tidak perlu khawatir karena kandungan pada susu Junio sesuai dengan nutrisi yang dibutuhkan oleh anak usia 1 tahun yang dapat membantu tumbuh kembang serta dapat mengoptimalkan fungsi otak anak dan hal yang paling penting susu Frisian Flag Junio tidak ada gula tambahan. Tersedia dalam ukuran 110 ml yang merupakan susu UHT untuk anak usia 1 tahun ke atas, cukup untuk camilan sehat si Kecil dan juga praktis untuk dibawa pada saat liburan. Jadikan susu sebagai camilan sehat yang bisa dikonsumsi minimal 2 kali sehari untuk mengisi waktu jeda antara sarapan dan makan siang serta makan siang/sore dan makan malam. Selamat mencoba, Bu!