bun, kebanyakan dari kita ternyata "hobi" memberikan beragam vitamin dan aneka suplemen untuk anaknya. padahal sebenarnya tidak perlu lho. selama bunda bisa mengkontrol asupan makanan untuk si kecil, penambahan vitamin dan suplemen sama sekali tidak diperlukan. saya pernah berkonsultasi dengan beberapa dokter anak dan ahli gizi, semuanya berkata seragam lho.

memang sulit juga mengontrol makanan dan pola makan anak karena anak2 meman tidak paham tentang arti penting makanan untuk tubuh mereka. vitamin dan mineral "BOLEH" ditambahkan hanya pada anak yang menderita ALERGI, DIET KHUSUS, dan VEGETARIAN.

beberapa mineral dan vitamin khusus yang sangat diperlukan pada masa kanak2 dan harus dipenuhi adalah ZAT BESI, KALSIUM, dan FLUORIDE secukupnya saja. sebetulnya Fe (zat besi) dan kalsium bisa dipenuhi dari makanan, tidak perlu konsumsi khusus dalam bentuk tablet atau puyer.

dan yang terpenting adalah setiap bunda akan memberikan vitamin dan suplemen...apapun jenisnya....konsultasikan dengan ahlinya, baik itu dokter anak atau ahli gizi. jangan hanya mengandalkan rekomendasi teman atau kenalan atau kerabat. karena setiap anak adalah istimewa, sehingga hasil kerja suatu vitamin atau mineral pada setiap anak akan berbeda beda.

begitu bunda, semoga bermanfaat.