Terbayang susahnya para ortu jika anak-anaknya masih sering ngompol. Saya sendiri mengalami hal demikian. Sampai umur hampir dua tahun si sulung masih saja ngompol.

Awalnya saya pikir ini (ngompol) masih tahap wajar. Tapi lama kelamaan timbul juga kekhawatiran. Ditambah lagi sudah ada adiknya. Kalau tidak segera diatasi kamar tidur bisa berubah jadi wc.

Setelah tanya sana-sini, maksudnya sama ortu yang lebih senior gitu. Akhirnya, ketemu dengan ortu yang pernah mengalami hal serupa. Setelah diskusi panjang lebar, maka keluarlah tips agar anak-anak tidak ngompol lagi.

Sebelumnya saya juga kurang yakin dengan tips ini. Tapi karena sudah tersiksa dengan bau pesing tiap malam, juga repot kalau selalu pake diaper. Bayangkan saja, berapa anggaran untuk popok yang harus disediakan tiap bulan. Pikir punya pikir, mendingan anggaran dialihkan untuk kebutuhan lain misalnya, susu dan lain-lainnya.

Berangkat dari pertimbangan itu, saya pun mencoba tips dari teman tersebut. Bagi para ortu yang kebetulan anaknya masih ngompol silakan dicoba. Insya Allah pasti berhasil.

Sebelum anak-anak berangkat tidur atau kalau anak-anak sudah masuk kamar tidurnya, pergi ke depan pintu kamar dan usapkan tangan pada gagang pintu dengan niat agar anak kita tidak ngompol lagi. Selanjutnya, tangan yang tadi dipakai mengusap gagang pintu disentuhkan pada alat kelamin anak tersebut.

Pengalaman saya, setelah saya lakukan secara rutin tiap malam sebelum tidur, alhamdulillah si sulung tidak lagi ngompol. Dan yang lebih penting lagi kamar tidur bebas dari bau pesing. Selamat mencoba!