Tips Menghentikan Rengekan

* Ajarkan komunikasi eEfektif. Berilah contoh yang baik bagaimana cara berkomunikasi yang efektif. Jika si kecil menginginkan sesuatu, ajarkan dia berkata, "Ma, aku mau mobilan itu. Boleh, tidak?" Selain itu, biasakan anak untuk membagi perasaannya. Seorang anak yang dapat mengutarakan perasaannya, kemungkinan besar tak akan merengek.
* Beri perhatian. Anak kerap merengek karena ingin mendapatkan perhatian orangtuanya. Sesibuk apa pun Anda, sebaiknya jangan lupa untuk memberi perhatian. Misalnya, dengan meneleponnya saat Anda sibuk di kantor atau sedang tak ada di rumah. Hal itu bisamembuat anak merasa diperhatikan.
* Alihkan konsentrasi. Saat anak meminta sesuatu sambil menangis, jelaskan rengekannya itu tidak akan berhasil Anda hanya mau mendengarkannya jika dia menggunakan suara biasa. Bila cara tersebut tak berhasil, tak ada salahnya Anda mengalihkan konsentrasinya pada hal lain yang menarik perhatiannya.
* Biarkan anak membuat keputusan. Bantulah anak agar lebih punya kontrol terhadap dirinya. Biarkan dia membuat keputusan sederhana sesuai keinginannya, seperti memilih baju yang akan dipakai, mainan yang akan digunakan, atau buku yang akan Anda bacakan. Ini akan menjadi pelajaran baginya tentang cara berkomunikasi tanpa perlu merengek.
* Berikan penghargaan. Ajarkan anak meminta sesuatu secara sopan meski cara ini tak menjamin permintaannya dipenuhi. Nah, jika rengekan si kecil mulai berkurang atau dia meminta sesuatu dengan manis, berikan reward. Penghargaan tak harus berbentuk barang. Pujian Anda yang tulus juga bisa membuat anak senang.
* Orangtua jangan merengek. Jika sekali waktu, tanpa sadar, Anda meminta pada anak atau pasangan, dengan cara merengek, jangan salahkan anak bila mencontohnya. Menirukan rengekan hanya akan membuat si kecil malu, namun tidak dapat menghentikannya.
* Penuhi kebutuhan dasar. Kondisi lelah, lapar, atau sakit bisa membuat anak rewel dan suka merengek. Karenanya, pastikan kebutuhan dasar anak terpenuhi secara cukup. Selain itu, jangan lupa, pastikan rumah Anda dalam keadaan tenang dan nyaman. Kondisi rumah yang bising dan tak terawat juga bisa membuat anak tak betah sehingga dia rewel dan merengek.