Holiday is coming..... saatnya digunakan untuk liburan bersama keluarga. Untuk tempat yang jauh pesawat menjadi pilihan yang ideal karena mempersingkat waktu tempuh.



Belum ada pedoman batas usia yang aman bagi bayi untuk berpergia dengan pesawat. Ferderal Aviation Administrastion (FAA) merekomendasikan penerbangan untuk bayi kurang dari 14 hari harus dengan surat keterangan dari Dokter.



Walaupun bayi anda diizinkan untuk melakukan perjalanan udara setelah usia 2 minggu, sebaiknya bayi dibawah satu tahun menghindari perjalanan udara, bila tdk terlalu perlu. Tunggu sampai bayi berusia 2-3 Bulan. Dengan kekebalan tubuh yang lebih baik sehingga tidak mudah terserang penyakit serta bayi sudah memiliki jadwal rutin tetap.



Yang perlu diperhatikan adalah :
Siapkan perlengkapan bayi untuk berpergian.
Masukan semua barang dalam tas tersendiri
Sediakan apa-apa saja yg diperlukan di dalam perjalanan dalam kabin pesawat dalam 1 tas tersendiri yang mudah dijangkau seperti popok, tisue, selimut, atau baju ganti dalam perjalanan
Sebaiknya barang2 yg tdk diperlukan dimasukan dalam bagasi, sehingga anda tidak harus membawa banyak barang yg harus di jinjing.
Beberapa maskapai penerbangan akan meminta surat keterangan dokter berkaitan dng kesehatan dan usia bayi. Tanyakan kepada maskapai penerbangan yg digunakan dan siapkan surat beberapa hari sebelum keberangkatan.
Datang check in lebih awal sehigga dapat meminta tempat duduk bebas area rokok dan dekat penyekat yg lebih luas dan nyaman untuk anda dan bayi.
Yg terpenting saat pesawat tinggal landas dan mendarat berikan bayi minum susu/ASI atau empeng sehingga bayi sering menelan dan mengunyah untuk mengurangi pengaruh tekanan udara terhadap telingannya.
Kabin pesawat bising (100db) akan lebih bising saat pesawat tinggal landas. Sebaiknya gunakan kapas bulat atau penutup telinga (biasanya disediakan oleh pihak maskapai) untuk menurunka tingkat kebisingan dan mempermudah bayi tidur. Tutuplah telingan bayi dengan kain selimutnya dan dekaplah bayi untuk memberi rasa aman dan tenang.
Biasanya pesawat akan menyediakan baby cradle (buaian) anda bisa memintanya kepada Pramugrari.
Keluarlah paling akhir dari pesawat sehingga bayi tdk perlu berdesak2an dan anda juga bisa membawa barang bawaan dengan santai.

Semoga berguna ya..