Bunda, kadang masih aja balita 4 tahun dia pup di celana. Padahal selama ini ia tidak bermasalah. Ia bisa dan biasa buang air besar di kamar kecil. Bagaimana ini bisa terjadi? Apa pun penyebabnya, -balita melakukanya secara tidak sengaja-. Ada beberapa kemungkinan penyebabnya:

* Regresi. Reaksi stress menghadapi fase perkembangannya. Taman Kanak-Kanak yang harus rutin dijalaninya, membuat anak tertekan. Bangun pagi, sarapan, tidk boleh bicara seenaknya, tidak boleh mencari ibu, dan dinakali teman. Ia mundur ke tahap sebelumnya, ke suatu masa ketika ia lebih kecil dan tidak dimarahi saat buang air di celana.
* Lupa karena asyik. Balita sedang menikmati aktivitas di sekolah, panggilan perutnya tak dihiraukan karena tengah asyik bermain.
* Tidak asertif dan tidak mandiri, karena anak tidak tahu cara berkomunikasi dengan guru dan tak mampu membilas diri sesuai buang air besar.

Cara mengatasinya:

* Kejadian ini sangat memalukannya, sehingga tidak perlu lebih dipermalukan dan mengolok-oloknya. Cari tahu mengapa terjadi dan Anda perlu berhati-hati saat bertanya padanya.

* Berjanji tidak marah apapun penjelasan anak.
* Ajak balita mencari jalan keluarnya bila ternyata ia mengalami regresi. Dengarkan keluh kesah anak selama menjalani TK, apa yang ia inginkan. Kemudian ciptakan suasana menyenangkan menjelang berangkat sekolah.
* Bila hanya kecelakaan karena anak keasyikan bermain, ingatkan bahwa kegiatan di sekolah banyak macamnya. Ia tak perlu takut ketinggalan kegiatan yang menyenangkan, karena besok ada kegiatan itu akan ada lagi.
* Bila anak mengatakan “malas” cari tahu mengapa ia malas. Mungkin ia tidak berani bicara pad aguru untuk minta izin ke kamar kecil. Latih anak bersikap asertif, dan latih kemandiriannya untuk membasuh diri sehabis buang air besar.
====