Sebenarnya ada tips agar Ibu bisa hemat uang untuk keperluan dapur tanpa mengorbankan keinginan memasak yang enak dan lezat untuk keluarga. Simak ya, Bu:

? Belanjalah keperluan dapur untuk waktu 1 minggu. Simpan bahan-bahan di kulkas atau tempat yang aman. Ibu tentu bisa mengatur menu selama seminggu. Dan, catat dengan baik dalam daftar belanja apa saja yang dibutuhkan. Ini adalah cara efektif agar bisa hemat uang untuk belanja kebutuhan dapur.
? Masak secukupnya saja, sesuaikan dengan jumlah anggota keluarga yang makan pada saat itu.
? Gunakan air bekas mencuci sayuran/buah atau beras untuk menyiram tanaman. Hindari boros air ya, Bu!
? Gunakan panci tekan untuk mengungkep/merebus karena terbukti makanan lebih cepat matang sehingga lebih hemat energi. Bila Ibu ingin memasak daging, dengan panci tekan, Ibu hanya akan membutuhkan waktu memasak selama 15 menit.
? Tutup panci saat memasak agar bahan lebih cepat matang.
? Matikan kompor atau oven beberapa menit sebelum masakan dihidangkan. Sisa panas di kompor atau oven bisa mematangkan makanan.
? Gunakan wajan untuk berbagai aktivitas masak agar tidak bolak-balik mencuci wajan. Merepotkan ya Bu jika harus mencuci wajan tiap ingin melakukan kegiatan berbeda? Boros air. Oleh karena itu, Ibu perlu memperhatikan urutan masak. Misalnya, sehabis memasak telur ceplok, Ibu bisa langsung memasak nasi goreng, kemudian menggoreng ayam.

Nah, gampang kan Bu hemat uang di dapur? Semoga tips ini berguna bagi Ibu yang ingin memberikan yang terbaik untuk keluarga dengan menyajikan masakan yang lezat tanpa mengorbankan keuangan keluarga.