Berikut ini beberapa saran yang mungkin dapat membantu Anda menidurkan si Kecil dengan sedikit saja air mata dan kata ‘tapi’.

Jadwal

Buatlah jadwal yang sama setiap malam. Jika hari ini si Kecil harus pergi tidur pada jam 8 malam, maka sebelas hari kemudian mereka tidak akan memerlukan lagi jadwal tersebut.

Anda harus membuat si Kecil merasa letih pada jam-jam tertentu setiap harinya dan bangun pada jam yang sama keesokan harinya, setiap hari. Berusahalah agar Anda berdua dapat selalu mentaati jadwal tersebut setiap hari, bahkan pada malam akhir pekan.

Rutin

Rutin adalah hal yang sangat penting, karena dengan begitu si Kecil akan tahu apa yang dapat dia harapkan. Hal ini berarti bahwa Anda harus memulai dengan hal- hal rutin sebelum waktu tidur yang ampuh dan dapat membantu si Kecil tidak meledak dalam tantrum.

Anda bisa memulainya dengan permainan-permainan ringan, mendengarkan musik, menari dengan si Kecil. Kemudian meredamnya dengan mandi air hangat bersama. Biarkan si Kecil memilih 3 sampai 4 buah buku untuk Anda bacakan.

Setiap selesai membacakan satu buku, katakan kepada si Kecil bahwa setelah buku terakhir dia harus tidur tanpa menangis. Teruslah mengingatkannya dan bantulah dia untuk selalu ingat akan janjinya.

Peringatan

Selalu ingatkan si Kecil bahwa 10 menit lagi dia harus bersiap-siap untuk tidur. Balita biasanya tidak ingin mendapatkan interupsi ketika tengah melakukan sesuatu, dan ketika Anda harus menggendongnya untuk mengajaknya ke tempat tidur, maka keadaan akan semakin memburuk.

Jadi, ingatkanlah si Kecil sehingga dia tahu kapan waktunya untuk membereskan mainannya dan bersiap-siap tidur. Tindakan ini tidak dapat menghilangkan tantrum sepenuhnya, namun akan sangat membantu.