Bunda anak kedua saya perempuan berumur 3 tahun. Perkembangannya baik. Dia bisa mengenali tuliasan dari mama, ayah, ibu. Dia juga bisa berhitung angka 1-13, meskipun kadang masih ada angka terlewat. Selain mampu menunjuk/mengenal angka meskipun baru angka 0, 1 dan 2.
Namun akhir-akhir ini dia cepat marah dan arogan. Kalau dia dan sepupunya bermain, anak saya selalu mengatur atau menyuruh-nyuruh padahal usia sepupunya lebih tua. Misalnya, dia bilang, "Kakak masuk ke rumah sandalnya dilepas, jangan naik-naik ke kursi" Kalau kakaknya itu tak mematuhi kata-katanya, dia mendorong bahkan memukul. Kemudian saya menegurnya, "Adek, bukan begitu caranya." Teguran ini membuatnya menangis & marah2.

Begitu pun kalau dia bermain dengan anak tetangga. Ketika membela temannya yang dirugikan, dia mendorong atau memukul anak lain. Saya jadi tidak nyaman kalau mendengar anak saya dibilang nakal, galak, susah diatur, dan keras kepala. Di satu sisi kalau melarangnya bermain, saya takut sosialisasinya kurang. Namun bila dilepas, saya jadi ekstrahati–hati mengawasi gerak geriknya. Sifat mengaturnya juga sering dilakukan saat makan, minum susu, jajan, pakai baju, mandi, maupun tidur. Pertanyaan saya, apakah perilaku suka mengatur, marah, memukul, memang wajar untuk anak usia 3 tahun?