Stimulasi bisa dilakukan dengan beberapa cara seperti yang berikut ini:
1. Sentuhan, pijatan (baby massage) melatih pergerakan, keseimbangan, mengajak berbicara, bermain, bertanya, berekspresi, bercerita, mendengarkan musik, menari, semua itu memperkaya otak anak. Gunakan perangkat stimulasi otak anak untuk mengoptimalkan proses belajar dan bermain.
2. Bukan mainannya yang terpenting melainkan kegiatan bermainnya. Anak perlu mengeksplorasi lingkungannya. Benda, mainan, tata letak, cara merapihkan dan apapun yang perlu dijelajahi oleh otak anak untuk mengenal, memahami, menguasainya. Mengajak anak bermain dan berkomunikasi dengan intens merupakan cara yang tepat untuk menambah kecerdasan anak.
Anak yang diasuh bukan dengan ibunya langsung mempunyai cara beinteraksi, cara bereaksi dan sifat berkemungkinan untuk meniru pengasuh. Ibu perlu meluangkan waktu dan memiliki kualitas yang baik dalam menstimulasi otak anak agar tumbuh kembang otak anak sesuai dengan yang ibu harapkan. Bila ada orang lain yang mengasuh anak pada saat ibu bekerja pastikan ibu sudah memberi pemahaman dan mengajarkan mengenai persepsi tentang menstimulasi kecerdasan otak anak pada orang tersebut.