Written by Hardiono Pusponegoro

gangguan-tidur_3Hampir setiap orang pernah mengalami sulit tidur dalam hidupnya. Tapi jika Anda mengalaminya lebih sering, konsultasikan dengan dokter Anda. Mungkin Anda mengalami gangguan tidur. Ketahui jenis gangguan tidurnya, dan segera atasi. Coba ubah kebiasaan tidur Anda agar waktu istirahat Anda lebih berkualitas.

1. Pergi tidur pada waktu yang sama setiap hari, bahkan pada akhir pekan sekalipun. Ini akan membuat tubuh Anda lebih sehat dan lebih mudah tidur di malam hari.
2. Hindari makan besar menjelang tidur. Makanan ringan paling tidak 2 jam sebelum waktu tidur. Selain itu jangan berlebihan minum karena akan membuat Anda sering terbangun ke toilet.
3. Hindari rokok, minuman berkafein, dan alkohol di malam hari. Semua itu akan membuat Anda tidak mengantuk. Tubuh butuh waktu untuk menetralisir ketiga zat tersebut. Sehingga metobolisme tubuh menjadi lebih aktif, dan Anda menjadi terjaga sepanjang malam.
4. Olahraga teratur dapat membantu tidur lebih nyenyak. Sebaiknya hindari olahraga sebelum tidur, lebih baik olahraga di pagi hari.
5. Ciptakan suasana tidur yang temaram, sejuk dan nyaman. Sesuaikan dengan kebutuhan Anda, misalnya saja Anda butuh musik sebagai pengatar tidur.
6. Batasi tidur siang yang berlebihan. Jika Anda pekerja malam, Anda dapat membayar waktu tidur di siang hari dengan mengatur cahaya sedemikian rupa seolah malam. Tutup tirai kamar Anda.
7. Pilih kasur yang nyaman. Kriteria nyaman bagi setiap orang berbeda, karenanya temukan rasa nyaman Anda sendiri. Mungkin Anda lebih nyaman dengan kasur lateks atau bahkan kapuk. Ini terkait dengan kebiasaan.
8. Manjakan tubuh Anda menjelang tidur, misalnya mandi air hangat dengan beberapa tetes esensial oil yang bersifat menyejukkan. Atau Anda lebih senang membaca buku sebagai pengantar tidur?
9. Pergilah tidur begitu mata terasa lelah. Matikan lampu. Jika dalam 15-20 menit Anda tidak juga terlelap, bangun dan lakukan sesuatu sampai merasa lelah dan mengantuk.
10. Jika Anda tetap terjaga meskipun sudah mencoba berbagai cara, konsultasikan dengan dokter. Ingat jangan menjadi dokter bagi diri sendiri dengan membeli obat tidur sendiri. Dokter akan menganalisa keluhan Anda dan memberi dosis sesuai kebutuhan.