Ponsel berbahaya untuk anak-anak, Peringatan resmi telah dikeluarkan minggu lalu oleh Badan Perlindungan dan Keselamatan Radiasi Nuklir Australia, setelah mengadakan studi selama satu dekade terhadap efek kesehatan dari penggunaan ponsel.

Badan ini mengatakan perlu diambil tindakan pencegahan terhadap anak untuk melindungi diri dari paparan radiasi karena risiko kesehatan dari penggunaan telepon selular jangka panjang mereka yang masih belum diketahui.

“Anak-anak harus didorong untuk membatasi eksposur dari ponsel ke kepala mereka dengan mengurangi waktu panggilan, dengan membuat penerimaan panggilan yang baik menggunakan perangkat hands-free, speaker atau dengan texting,” katanya.

Badan – badan penasehat utama Persemakmuran proteksi radiasi Australia dan internasional melakukan tinjauan penelitian dan menyelesaikan penilaian untuk mengembangkan suatu pedoman dan rekomendasi baru.

Ini peringatan datang hanya beberapa minggu setelah studi internasional 10 tahun terkait pemakaian telepon selular dengan peningkatan terhadap resiko tumor otak.

Proyek interfon, penelitian terbesar di dunia efek ponsel terhadap kesehatan , tidak menemukan peningkatan risiko kanker secara keseluruhan, tetapi mereka yang berbicara minimal 30 menit sehari atau sampai 40 persen lebih mungkin bisa mengembangkan glioma, jenis yang paling umum kanker otak.

Profesor Bruce Armstrong, dari Sydney University School of Public Health, mengatakan radiasi ponsel lebih berbahaya bagi anak-anak karena tubuh mereka kurang berkembang.

“Tengkorak itu lebih tipis dan lebih dari radiasi yang dihasilkan akan diserap ke dalam otak anak, yang memiliki ponsel ke telinga mereka dibandingkan seorang dewasa yang memiliki percakapan yang sama,” katanya.

Profesor Armstrong, yang memimpin studi interfon untuk Australia, mengatakan bahwa ia mendukung saran kantor radiasi, tetapi berhenti menelepon untuk itu harus diperluas ke semua pengguna ponsel.

Greens Senator Bob Brown mengatakan peringatan kesehatan harus diterbitkan untuk semua pengguna ponsel. “Tidak ada bukti penggunaan ponsel aman dan Ponsel berbahaya untuk anak-anak.

(lintas.berita)