Memonitor pertumbuhan dan perkembangan bayi adalah hal yang harus dilakukan oleh setiap orang tua. Orang tua perlu memantaunya agar mengetahui dan memastikan bahwa buah hati telah tumbuh dengan normal sesuai dengan usianya. Memasuki usia 2 tahun, buah hati sudah mengalami tumbuh kembang yang sangat pesat. Begitu banyak saraf-saraf di dalam otak yang tidak terhitung jumlahnya. Setiap anak tentu mengalami pertumbuhan yang berbeda-beda baik deari segi fisik maupun pengetahuannya. Umumnya, anak berusia 2 tahun sudah mampu melihat dan mengetahui hal-hal yang berada di dalam ruangan maupun di luar ruangan.

Pertumbuhan dan perkembangan bayi pada usia ini ditandai dengan tumbuhnya ke 16 gigi pertamanya. Namun tidak semua bayi 2 tahun memiliki jumlah gigi yang sama. Jika asupan gizinya lebih baik, kondisi tubuh anak di usia 2 tahun akan tumbuh dengan tinggi dan ramping. Jadi, anak yang tinggi dan ramping belum tentu tidak sehat ya. Justru anak yang memiliki berat badan yang berlebih lah yang dapat mengalami resiko penyakit meskipun kelihatannya sangat menggemaskan. Sebagai orang tua, hal ini harus diperhatikan agar anak dapat tumbuh secara normal pada fisiknya.Anak pada usia 2 tahun sudah mampu diberikan petunjuk untuk melakukan sesuatu. Ia juga sudah dapat merespon hal-hal yang diberikan. Ia akan berusaha menjalankan petunjuk seperti menangkap bola meskipun tertatih-tatih, atau pun melompat meskipun lompatannya sangat pendek.

Anda dapat memberikan mainan balok pada usia ini. Anak dapat diajarkan menyusun balok atau pun melakukan hal-hal lain berhubungan dengan alat peraga ini. Di usia ini, anak juga akan memiliki kemandirian untuk memanjat dan menuruni tangga sendiri secara berhati-hati. Ia sudah tahu jika terjatuh akan sakit sehingga akan berpegangan. Ada beberapa kebiasaan buruk yang biasa dilakukan oleh anak usia 2 tahun seperti menghisap jari maupun mimpi buruk pada malam hari. Namun secara keseluruhan, memiliki anak usia 2 tahun sangat menyenangkan karena anak sedang dalam tahap lucu-lucunya. Buatlah si kecil agar lebih segar dan ceria bersama produk dari Switzal yang disayangi oleh ibu-ibu di seluruh Indonesia.

Sumber : http://www.zwitsal.co.id/bayi/growth-spurt-apa-dampaknya-pada-pertumbuhan-dan-perkembangan-bayi/