Didiklah anak sebab mereka dlahirkan untuk hidup dalam satu zaman yang berbeda dengan zamanku.Kita sebagai orangtua dwajibkan mendidik anak2 sehingga dapat tumbuh dan berkembang sesuai dengan kodrat dan lingkungannya. pengaturan gizi mempunyai peran penting pada tumbuh kembang anak.
pada proses pertumbuhan tubuh terjadi perubahan2 dalam ukuran besarnya.Hal ini disebabkan karena adanya pertambahan materi yang menyusun tubuh.
pertumbuhan tubuh lebih menekankan pada pematangan fungsi yang dimulai dari tahap molekuler yang sederhana pada saat awal kandungan sampai tingkat anak remaja dengan proses metabolik yang rumit. Misalnya perkembangan lokomosi, kecerdasandsb. Proses pertumbuhan-perkembangan badan teresebut mengikuti pola tertentu yang unik untuk setiap anak,baik dalam pertumbuhan perkembangan bagian2 tubuh,organ2,jaringan bahkan pertumbuhan perkembangan seluler. proses tersubut merupakan proses interaksi yang terus menerus dan rumit antara faktor genetik dan faktor2 lingkungan.
Seberapa jauh faktor2 tersebut saling berpengaruh tidak mudah untuk dikemukakan, namun salah satu faktor lingkungan yang penting adalah zat gizi yang harus dicukupi oleh makanan anak sehari-hari. Oleh karena itu nilai keadaan gizi anak , sebagai refleksi kecukupan gizi, merupakan salah satu parameter yang penting untuk menilai keadaan pertumbuhan-perkembangan badan dan keadaan kesehatan anak tersebut.