A. Kemampuan perkembangan yang harus dicapai anak sampai berumur 12 bulan.

Gerak kasar : Berjalan dengan berpegangan
Gerak halus : Mengambil benda kecil sebesar biji jagung dengan meraup.
Bicara, bahasa dan kecerdasan : Mengatakan dua suku kata yang sama, misalnya : pa-pa, ma-ma, da-da, dan lain-lain.
Bergaul dan mandiri : Bermain “ciluk-ba”

B. Stimulasi Perkembangan yang perlu diberikan :

Mengajak anak menggelindingkan bola. Gelindingkanlah sebuah bola ke arah anak dan mintalah agar ia menggelindingkannya kembali.
Melatih anak memanjat kursi atau tangga yang rendah dengan merangkak. Ajari anak untuk memanjat kursi/tangga yang rendah secara bertahap dengan menaikkan tungkainya satu persatu, seperti gerakkan merangkak. Kemudian bantula ia turun dari kursi/tangga dengan menggunakan tungkai dan kakinya.
Membantu anak belajar berjalan sendiri. Buatlah agar anak mau berjalan sendiri, misalnya untuk mendapatkan dekapan, ciuman, atau mainan kesukaannya.
Melatih anak untuk membungkukkan badan tanpa berpegangan. Mintalah anak mengambil mainan yang terletak dilantai ketika ia beridiri. Mula0mula pegangilah salah satu tangannya, kemudian biarkan ia melakukannya dengan tanpa bantuan.
Melatih anak menyusu mainan balok. Ajarkan anak menyusun balok/kardus kecil, atau kaleng bekas menjadi menara sederhana, jembatan dan sebagainya. Bantulah anak menumuk benda tersebut.
* Memberikan kesempatan kepad anak untuk mengambar. Sementara mengerjakan pekerjaan ruma tanga, berikanlah kepada anak selembar kertas dan alat tulis. Biarkan iamenggambar sendiri sambil diajak bicar mengenai apa yang digambarnya.
Melatih anak menirukan kata-kata. Ajaklah anak berbicara sesering mungkin, kenalkan ia dengan kata-kata baru sambil menunjukkan bendanya/gambarnya dari buku atau majalah.
Mengajak anak mengikuti kegiatan keluarga, misalnya makan bersama atau piknik keluarga. Sediakan peralatan makanan untuknya, bantulah ia untuk belajar makan/minum sendiri.