Mencegah dan mengatasi kehamilan lewat waktu

Mencegah kehamilan lewat waktu

Kehamilan lewat waktu dapat dicegah dengan cara melakukan pemeriksaan kehamilan secara teratur, minimal 4 kali selama Anda hamil (1x pada trimester pertama, 1x pada trimester ke dua, 2x pada trimester ke tiga). Jika memungkinkan sangat dianjurkan untuk melakukan peneriksaan kehamilan sebulan sekali hingga kehamilan berusia 8 bulan, dan seminggu sekali pada saat kehamilan Anda mencapai bulan terakhir (bulan ke 9).

Pemeriksaan yang teratur membuat Anda dan dokter mengetahui dengan benar usia janin yang Anda kandung, dan mencegah segala hal yang bisa membahayakan Anda dan janin jika terjadi kehamilan yang lewat waktu.

Tanda-tanda kehamilan lewat waktu yang mulai membahayakan janin:
Stadium I : Kulit bayi mulai kering, rapuh, dan mudah mengelupas
Stadium II : Gejala seperti stadium I ditambah warna kehijauan pada kulit
Stadium III : Terdapat warna kekuningan pada kuku, kulit, dan tali pusat bayi

Mencegah kehamilan lewat waktu

Langkah pertama yang harus dilakukan saat Anda mengetahui kehamilan lewat waktu adalah menentukan keadaan janin di dalam kandungan Anda untuk mencegah hal-hal yang bisa membahayakan Anda dan janin. Bicarakan dengan dokter Anda bagaimana penanganan yang terbaik.

Langkah selanjutnya adalah dengan memberikan rangsangan agar Anda bisa segera melahirkan melalui induksi, jika induksi tidak membuahkan hasil, langkah terakhir yang perlu dilakukan adalah dengan melahirkan lewat operasi caesar.