Untuk mengobati dan menghilangkan flek hitam, sebenarnya sangat mudah. Berikut resep atau ramuan tradisional guna memberantas flek hitam pada wajah dengan memanfaatkan bahan alami yang tak asing berada disekitar kita.

Berikut tips menghilangkan bintik hitam di wajah, kita ikuti langkah-langkah selengkapnya :

**Menghilangkan flek hitam di wajah dengan bengkoang.
Dalam kandungan buah bengkoang terdapat pachyrhizon, retinoid, vitamin B1 dan vitamin C. Dari kandungan zat ini mampu memutihkan kulit sehingga bisa menyamarkan flek hitan pada wajah.

Cara membuat masker bengkoang :
Bengkoang diparut lalu peras, ambil saripatinya. Tempelkan pada wajah yang terdapat flek hitam dan biarkan sampai kering, kemudian bilas dengan air hangat teruskan membilas dengan air biasa. Lakukan langkah ini seminggu 2 kali.

**Menghilangkan flek hitam di wajah dengan buah semangka.
Penyebab flek di wajah yang paling mendominasi adalah akibat paparan sinar matahari (pigmentasi). Nah dengan memanfaatkan buah semangkan yang banyak mengandung air, protein, karbohidrat, lemak, serat, vitamin A, B dan C maka maka mampu melindungi terbakarnya atau kerusakan kulit akibat terkena sinar matahari.

Cara membuatnya :
Ambil daging buah semangka secukupnya kemudian haluskan atau di blender, taruh dalam wadah mangkuk. Lalu oleskan merata pada wajah yang terkena flek hitam, diamkan selama 15 menit. Terakhir bersihkan wajah dengan air hangat lalu bilas dengan air dingin. Lakukanlah cara ini cukup 2 kali dalam seminggu.