MENGAJAK bayi kita jalan-jalan merupakan aktivitas yang menyenangkan untuk mengenalkannya kepada lingkungan sekitar. Selain sebagai sarana refreshing dan mencari udara segar, keluar rumah juga bisa sebagai sarana sosialisasi baginya. Apalagi jika acara jalan-jalan dilakukan dikompleks perumahan yang biasanya banyak teman sebayanya. Begitu banyak manfaat aktivitas ini, namun Anda juga perlu memperhatikan hal-hal berikut ini agar acara jalan-jalan bisa menyenangkan dan berjalan lancar sesuai harapan.

Hal-hal yang perlu diperhatikan ketika mengajak si kecil jalan-jalan keluar rumah:

Cek dulu kondisi si kecil, apakah dia sedang fit atau tidak. Jika terlihat sakit atau lemah, letih dan lesu sebaiknya ditunda dulu sampai kondisinya fit.
Pakaikan baju yang nyaman, bila perlu pakaian topi atau selimut jika udara di luar terasa berangin atau terlalu dingin.
Pilih waktu yang tepat untuk keluar rumah. Misalnya pagi hari ketika matahari belum terlalu menyengat atau sore hari sehabis mandi ketika hawa sudah cukup sejuk bagi anak.
Pilih sarana yang dirasa nyaman untuk si kecil maupun orang tua, misalnya mau pakai kereta bayi atau menggunakan gendongan.
Jagalah emosi Anda, jika dia mulai rewel mungkin memang saatnya untuk pulang. Jangan terlalu lama batasi acara jalan-jalan ini 1-2 jam.
Bawalah perlengkapan bayi seperlunya misalnya popok, baju ganti, tisu basah, kapas, alas bayi atau perlak dan mainan si kecil.
Kekebalan bayi masih lemah, jauhkan dari bayi lain di jalan yang kelihatan sakit atau jauhi tempat-tempat yang kotor dan berpolusi.