Tidak jarang orangtua bingung memulai kapan saatnya anak mereka dapat tidur sendiri. Ketika anak masih berusia bayi, orangtua pun merasa belum tepat saatnya ia tidur sendiri. Namun seiring ia tumbuh dan berkembang, orangtua akhirnya kebingungan untuk menyetop kebiasaan anak tidur bersama orangtuanya.
Nah para orangtua mungkin bisa meniru cara Windy Hasto, pemilik Catwalk Agency untuk menyiasati putrinya Andi Aaliyah Sachi Arubila. Untuk membiasakannya tidur sendiri, Windy pun membuatkan sebuah area khusus untuk tempat tidur Aaliyah di ruang tidur mereka.
Dalam area tersebut, semua pernak pernik khas milik Aaliyah mulai dari tempat tidur, lemari pakaian, hingga tempat mainan pun diletakkan di area tersebut yang masih satu kamar dengan Windy. Jadi, Aaliyah pun tak merasa ia sendiri saat tidur.
Nah dengan cara seperti itu, Anda pun bisa memulai kebiasaan mandiri pada anak untuk tidur sendiri. Sejak ia masih bayi, buatkan box khusus sebagai tempat tidurnya. Seiring bertambahnya usia, ia pun bisa dibiasakan untuk tidur sendiri di ruangannya sendiri.
Bagi mereka yang sudah jauh-jauh hari mempersiapkan kamar khusus untuk anak, mulailah untuk membiasakan anak tidur sendiri terutama ketika usianya mulai memasuki usia sekolah. Namun sebelumnya, Anda bisa untuk sementara sesekali menemaninya tidur bersama sementara waktu di kamar si kecil. Sebaliknya, sesekali kembali mengajak anak tidur bersama juga masih bisa dilakukan. Terutama untuk menguatkan ikatan batin antara orangtua dan anak.