Selama masa pertumbuhannya, anak membutuhkan gizi dan nutrisi yang seimbang. Sayuran memiliki peran penting untuk membantu pertumbuhan dan perkembangannya. Karena mengandung berbagai vitamin, mineral dan zat protein nabati lainnya yang dibutuhkan tubuh ketika berkembang. Berikut adalah beberapa vitamin dan mineral yang terkandung dalam sayuran serta manfaatnya bagi perkembangan anak:

Pro-vitamin A dalam sayuran berguna untuk pertumbuhan tulang, mata, rambut dan kulit. Bermanfaat juga untuk mengganti sel-sel tubuh, mengganti selaput lendir mata, dan meningkatkan kekebalan tubuh terhadap infeksi.

Vitamin B kompleks bisa membantu proses metabolisme pembentukan sel darah merah, menjaga sistem saraf dan menambah nafsu makan si kecil.

Vitamin C membantu memelihara kesehatan gigi, gusi, kulit, otot dan tulang. Vitamin C juga mempercepat penyembuhan luka, membantu penyerapan zat besi dan mencegah flu.

Vitamin E dalam sayuran hijau, penting untuk proses metabolisme dan menjaga kesehatan kulit dan otot.

Sayuran juga mengandung beberapa mineral, seperti kalsium dan zat besi. Kalsium penting untuk pertumbuhan tulang dan gigi, menjaga keseimbangan cairan tubuh dan membantu perkembangan sel saraf dan otak. Zat besi membantu pembentukan hemoglobin yang berfungsi mengangkat oksigen dari paru-paru ke seluruh sel tubuh, serta mencegah anemia.