Beberapa orang berpikir bahwa jika anak mereka diajarkan seni bela diri, mereka akan menggunakannya untuk kepentingan diri sendiri dan menjadi pengganggu. Sebenarnya seni bela diri untuk anak-anak ini sangat berbeda dari apa yang Anda pikirkan. Seni bela diri dapat meningkatkan disiplin, koordinasi dan dapat meningkatkan rasa percaya diri anak Anda.
Manfaat Bela Diri Untuk Anak

1. Disiplin
Pelatihan seni bela diri mengajarkan anak-anak untuk mengontrol diri dan konsentrasi. Ketika anak-anak dilatih untuk teknik khusus, pelatih menyarankan kepada mereka untuk tetap fokus pada penguasaan teknik yang tepat. Disiplin adalah melakukan apa yang harus Anda lakukan walaupun Anda tidak ingin melakukannya. Meskipun teknik baru mungkin sulit pada awalnya, keinginan untuk mencapai peringkat yang lebih tinggi membuat mereka disiplin.

2. Menghargai diri sendiri
Menghargai diri sendiri adalah bentuk harga diri. Memiliki harga diri yang sebenarnya berarti percaya diri dan yakin pada kemampuan sendiri. Dengan seni bela diri, tantangan kecil yang berhasil mereka hadapi membuat keahlian mereka bertambah. Mereka berhasil mengatasi tantangan karena mereka mau berlatih keras.

3. Menghormati
Kebanyakan pelatihan seni bela diri mengajarkan untuk menghormati orang dari sisi usia, pangkat, keahlian, dan pengalaman. Peringkat yang lebih tinggi menunjukkan keahlian yang tinggi dan sekali mereka mencapai peringkat tertentu, mereka layak mengajarkan pengetahuan mereka kepada orang lain. Anak-anak Anda akan belajar bagaimana memperlakukan orang dengan hormat, bahkan di luar tempat latihan.

4. Menetapkan tujuan
Seni bela diri memiliki tujuan spesifik yang ketika mereka mencapai hal itu, mereka akan mencapai peringkat yang lebih tinggi. Peringkat sering dilambangkan dengan menggunakan sabuk berwarna.
Anak-anak Anda akan belajar untuk menghadapi tantangan baru dalam tiap tingkatan. Membagi semua pengetahuan yang dibutuhkan untuk meningkatkan peringkat sedikit demi sedikit, memungkinkan anak Anda belajar untuk memprioritaskan tujuan tertentu sebelum mereka dapat mencapai peringkat yang paling tinggi.

5. Latihan fisik
Manfaat Bela Diri Untuk Anak yang paling terlihat adalah untuk latihan fisik anak. Pelatihan intensif merupakan program yang paling membantu untuk lebih meningkatkan kebugaran kardiovaskular anak Anda dan kekuatan otot.

6. Keseimbangan
Pelatihan seni bela diri dapat membantu mereka mengembangkan rasa keseimbangan dan juga memungkinkan mereka mempelajari teknik-teknik tentang bagaimana mencegah cedera.

7. Belajar kemampuan
Belajar keterampilan tertentu membutuhkan fokus yang sangat baik. Siswa akan belajar untuk berkonsentrasi di bawah tekanan. Menghafal istilah dan teknik sangat penting untuk melakukan gerakan dengan baik. Dengan pengulangan teknik tertentu, siswa dapat melaksanakan keterampilan dengan benar.

8. Memperoleh keterampilan berguna
Seni bela diri memberikan mereka pelajaran keterampilan yang berguna dan juga membuat fisik mereka lebih sehat. Jadi bukannya bermain game komputer dan menghabiskan waktu menonton TV, mereka berlatih keterampilan baru sebagai gantinya.

9. Menghilangkan stress
Dengan latihatn yang rutin, siswa dapat melepaskan energi negatifnya. Berkeringat adalah cara yang bagus untuk meredakan kemarahan, dan menjaga mereka tenang. Alih-alih menjadi impulsif, mereka akan lebih terpusat, dan tahu apa yang harus dilakukan dalam situasi stres.
Beberapa seni bela diri memiliki teriakan khas. Berteriak dimaksudkan untuk meningkatkan fokus dan bernapas setiap kali teknik disampaikan. Hal ini juga dapat berfungsi sebagai cara untuk melepaskan ketegangan saraf dan energi.