Mandi sangat penting bagi kesehatan. Mandi adalah salah satu kegiatan menjaga kebersihan diri. Orang dewasa, secara sadar umumnya mandi dua kali sehari untuk membersihkan tubuhnya dari segala kotoran. Anak-anak pun perlu diajarkan pentingnya mandi untuk membersihkannya dari segala debu dan kotoran yang didapatnya saat bermain. Mandi bisa jadi kegiatan yang menyenangkan bagi anak dan sarana untuk mengajarinya banyak hal lainnya.

Bagi kebanyakan batita, mandi adalah kegiatan yang menyenangkan karena memberinya kesempatan untuk bermain air. Biarkan dia bermain di kamar mandi selama yang dia mau. Jika Anda ingin memandikannya setelah dia bangun tidur, ada baiknya Anda memberinya makan terlebih dahulu. Batita biasanya merasa lapar sehabis bangun tidur.

Gunakan waktu mandi untuk mengajari anak tentang bagian-bagian tubuhnya serta cara membersihkannya. Sebut dan tunjuklah satu bagian tubuhnya dan berikan spons kecil untuknya membersihkan bagian tubuh tersebut. Ulangi menggosok bagian yang anak Anda gosok sampai anak mampu membersihkan tubuhnya sendiri dengan baik. Jangan lupa untuk menggunakan sabun dan sampo yang lembut karena kulit batita masih sangat sensitif. Tidak ada salahnya mencoba merk yang berbeda untuk mengetahui yang paling cocok untuk kulitnya. Pilih sabun cair agar lebih mudah digunakan anak Anda.

Supaya mandi lebih menyenangkan, Anda bisa menambahkan gelembung sabun, memakai sabun krayon, memberinya mainan air, atau menyanyikan lagu anak-anak. Jika anak takut wajahnya basah, ajak dia membuat gelembung dalam air. Mengajaknya berenang atau memperbolehkannya bermain selang air, juga bisa membantunya mengatasi rasa takut akan air.

Anak biasanya lebih percaya diri berada dalam air jika orang tuanya menemaninya berendam. Biarkan dia memercikkan atau menyiramkan air ke tubuh atau kepala Anda. Anda bisa melakukan hal yang sama padanya. Mengajak temannya untuk berendam bersamanya juga bisa sangat menyenangkan baginya.

Penting untuk tetap menjaga keamanan anak Anda saat mandi. Jangan tinggalkan anak berendam sendirian atau membiarkan air penuh di dalam bath-tub. Pastikan suhu air sedang, tidak lebih dari 50°C dan coba dulu dengan tangan Anda sebelum anak masuk ke dalamnya. Simpan jauh-jauh dari jangkauan anak semua obat-obatan, peralatan listrik, alat pemotong, pencukur, dan gunting. Agar tidak licin, pasang keset karet atau bahan antiselip lainnya untuk menutupi lantai kamar mandi. Simpan cairan pembersih toilet di tempat tertutup. Selamat mandi bersama anak Anda !