Memberikan makanan tidak sehat untuk anak mudah sekali. Tinggal goreng.. jadi deh. Atau yang lebih praktis lagi, beli langsung makan. Dengan membiarkan anak makan sesuka mereka, kita menciptakan kebiasaan makan yang tidak sehat pada anak dan akan menetap pada sampai mereka dewasa.
Untuk memberikan makanan sehat memang perlu usaha dan niat. Tapi usaha lebih kita akan sesuai dengan hasil yang akan didapat.
Jika anak berkata 'lapar' segera berikan makanan kecil berupa buah atau sayur, ketimbang menunggu satu jam baru makanannya siap.
Ketahui beda antara anak lapar dan bosan. Anak lapar pasti mau makan (buah, sayur, puding), sedangkan anak yang bosan tidak akan teriak2 lapar lagi bila diberi aktivitas lain yang menarik.
Jangan pasrah terhadap anak yang rewel dan pemilih makanan. Berdasarkan penelitian, anak perlu berkali2 mencicipi makanan yg baru dikenal sebelum akhirnya mereka menyukainya.
Biasakan menyimpan camilan sehat seperti buah, sayur, puding atau kraker beras. Jika kita menyimpan keripik berlemak, pasti anak akan lebih memilihnya.
Anak akan mengembangkan kebiasaan makan yang dapat mempengaruhi pola makan dan berat badan mereka seumur hidup. Dengan pola makan sehat di rumah, anak bisa lebih menentukan pola makan mereka diluar rumah dan dimasa depan.