Batuk Rejan

Batuk ini memiliki nama lain pertusis. Penyebabnya adalah bacterium bordetella atau bisa juga karena Bordella pertussis yang menular lewat dahak atau cairan liur. Batuk ini biasanya semakin parah pada waktu malam dan diikuti oleh demam.


Batuk Kering

Batuk ini disebabkan karena infeksi saluran pernafasan bagian atas seperti hidung dan tenggorokan karena flu atau pilek. Namun pada beberapa kasus batuk ini juga bisa muncul karena infeksi saluran pernafasan bawah seperti bronchiolitis dan peradangan saluran udara kecil di paru-paru atau pneumonia, Batuk ini bisa jadi memburuk ketika cuaca panas, saat berada di ruangan yang hangat atau panas.

Batuk Basah

Umumnya batuk ini disebabkan oleh infeksi dan asma. Pada batuk ini terdapat cairan sekresi dan lendir di saluran pernafasan dengan bagian bawah (tenggorokan dan paru-paru). Saat batuk dahak akan keluar.

Batuk Croup

Batuk ini terdengar seperti dengkingan anjing. Disebabkan oleh pembekakan saluran pernafasan bagian atas oleh infeksi virus. Bengkak yang muncul di pangkal tenggorokan dan batang tenggorokan (bawah pita suara) membuat suara menjadi lebih keras terutama saat menarik nafas. Alergi, perubahan suhu udara, dan juga infeksi saluran pernafasan bagian atas, dapat memicu batuk yang biasanya muncul saat malam dan dini hari.

sumber: Parents Indonesia