Siswa kelas 1-3 sering mengeluh cape menulis, tidak tuntas menulis. Ketika hal ini terjadi pada si kecil jangan langsung menyalahkannya apalagi kalau memberi label "malas".
Mereka bukan malas Ayahbunda, hanya otot motorik halusnya belum lentur, sehingga tangan mudah pegal-pegal saat menulis. Perhatikan bagaimana ia memegang pensil apakah sudah benar? Perhatikan duduknya apakah sudah nyaman? Perhatikan apakah ia sudah melakukan aktivitas kesehariannya sendiri, makan, mandi, berpakaian, memakai sepatu, dan lain-lain yang menggunakan tangannya.

Selain melenturkan otot tangan kemandirian saat mengerjakan tugas keseharian juga menumbuhkan tanggungjawab untuk menuntaskan suatu pekerjaan, termasuk tugas-tugas dari sekolah. Ajak si kecil memperbanyak aktivitas yang menggunakan tangan seperti menempel, mewarnai, meronce, menggunting, melipat. Sayangnya aktivitas pra tulis seperti itu banyak dilewatkan oleh guru TK, yang langsung memberikan pensil dan kertas pada anak TK. Ya, anak TK itu bisa menulis, tetapi jadi tidak bisa menulis lama-lama ketika mereka SD, karena otot motorik halusnya masih kaku.

Oleh karenanya jika si kecil masih pra sekolah (play group/ TK) jangan terburu-burut mengajarkan menulis dengan meminta mereka menulis dengan pensil di atas kertas, banyak aktivitas yang menyenangkan dan lebih tepat untuk mereka agar motorik halusnya lentur dan berkembang dengan baik.
Insyaa Allah motorik halus yang sudah berkembang akan membuat si kecil siap menulis di usia sekolah dasar.

Moga bermanfaat dan semakin sabar bunda dg si kecil