Tidak ada pelajaran yang lebih sukar dipelajari dibanding kerendahan hati. Kerendahan hati tidak diajarkan disekolah biasa, tetapi hanya disekolah Kristus. Diantara semua karunia, kerendahan hati adalah karunia yang paling istimewa.
Jika kita cukup rendah hati, kita pasti akan memperoleh berkat yang besar. Bagaimanapun juga, kerendahan hati lebih bergantung kepada kita. Karena Tuhan selalu siap memberikan berkat ini dan memberikannya begitu saja, tetapi kita tidak selalu berada dalam keadaan menerimanya.
Rumput sudah dikenal sebagai ilustrasi bagi karunia kerendahan hati. Rumput diciptakan untuk pelayanan yang paling rendah. Potonglah rumput maka ia akan tumbuh lagi. Ternak makan dari rumput, tetapi rumput itu tetap kelihatan indah.
Hujan rintik-rintik membasahi puncak gunung dan seringkali meninggalkan puncak-puncak pegunungan tandus karena air itu segera turun menuju dataran rumput yang rendah sehingga menyuburkannya.
Jika seseorang bermegah, mungkin sungai karunia mengalir melaluinya, tetapi kemudian segera meninggalkannya dalam keadaan tandus dan tidak berbuah.
Seseorang dapat memalsukan kasih, ia dapat memalsukan iman, ia dapat memalsukan harapan dan semua karunia lain, tetapi sangat sulit memalsukan kerendahan hati. Anda akan segera merasakan kerendahan hati yang palsu.
"Seperti burung yang membumbung ke tempat yang paling tinggi, ia membangun sarangnya ditempat yang paling rendah; seperti cabang yang paling dipenuhi buah, tertunduk paling rendah; seperti kapal yang paling sarat muatannya, tenggelam lebih dalam di air; demikian pula orang-orang yg berbobot adalah orang yang rendah hati."