Beberapa balita sering memiliki kebiasaan yang unik, misalnya saja menggigit ibu jari, memainkan telinganya,memainkan alat kelamin atau memegang salah satu bagian tubuh dari ibunya. Penyebab terjadinya kebiasaan ini adalah rasa kesepian, bosan atau karena cemas akan sesuatu hal. Untuk itu, anak melakukan suatu kegiatan yang bisa membuatnya aman dan nyaman dalam mengatasi perasaannya.

Kebiasaan semacam ini akan menjadi kurang baik jika tidak dialihkan ke dalam bentuk lain karena dapat menjadi kegiatan yang menetap. Beberapa kebiasaan memang tidak berdampak besar dalam norma social, seperti menggigit jari, mempermainkan rambut, dll. Namun, bila kebiasaan tersebut terkait dengan aktivitas yang ditabukan di masyarakat, tentu perlu diubah semaksimal mungkin.

Usaha untuk mengubah kebiasaan semacam ini, sangat mungkin kurang efektif bila dilakukan dengan pemaksaan dan hukuman karena hanya akan memunculkan trauma, malu, dan bahkan mungkin marah. Hal tersebut wajar, karena anak belum dapat memahami pandangan orang dewasa.