terkadang ada kasus seperti ini di rumah sakit ,.
kalo dalam pemberian vaksin polio terdapat kesalahan pemberian dosisnya Kira-kira apa akibatnya??
Waktu kunjungan Untuk imunisasi DPT, Anak saya diberi vaksin polio oleh seorang bidan sewaktu bidan mau meneteskan tetesan ke 2, ternyata obatnya ngocor lumayan banyak dan sibidan cepat2 ngelap vaksin tsb yang ada dimulut anak saya. Dan memberi tambahan 2 tetes lagi.
apakah itu berbahaya???

jawabannya ialah

Vaksin ini terdiri dari virus yang telah dilemahkan sehingga tubuh masih dapat mengenalinya untuk membentuk kekebalan tubuh bagi si anak, namun tidak cukup kuat untuk menginfeksi. Setelah masuk ke dalam tubuh pun sebagian juga akan dihancurkan oleh asam lambung. Jadi walaupun lebih dari dosis optimalnya yaitu 2 tetes yang diberikan, selama kondisi anak ibu dalam keadaan sehat, maka hal ini tidak mengkhawatirkan. Sejauh ini efek samping seperti "kelumpuhan" sangat jarang sekali terjadi dan menurut pemberitaan di luar negeri hal ini terjadi pada kelompok anak dengan daya tahan tubuh yang rendah sekali, seperti anak dengan AIDS atau sakit yang berat.

Untuk anak yang hanya demam ringan pemberian vaksin ini pun masih diperbolehkan.

Jadi bila anak dalam kondisi prima, maka kesalahan pemberian vaksin polio ini insya ALLAH tidak akan memberikan efek samping kepada yang bersangkutan.

Namun untuk lain kali Ibu sendiri juga harus lebih aktif mengingatkan setiap bidan yang akan memberikan vaksinasi kepada anak Ibu.