Hampir sekitar 80 persen hal-hal yang dipelajari anak diperoleh melalui penglihatan, dan studi menunjukkan 70 persen dari 2 juta anak usia sekolah mengalami kesulitan membaca karena mengalami gangguan penglihatan seperti ocular motor, gangguan persepsi atau gangguan binocular.

"Jika seorang anak harus berjuang di sekolahnya ketika belajar, maka hal yang penting bagi orangtua adalah memperhatikan penglihatannya," jar Dr Joel Zaba, seorang peneliti dan dokter mata, seperti dikutip dari Medicinenet, Rabu (14/9/2011).

Dr Zaba menuturkan memang ada beberapa hal yang bisa membuat prestasi akademis anak di sekolah tidak baik, tapi adanya gangguan pada penglihatan bisa memberikan dampak yang besar bagi anak.

Studi menunjukkan pemeriksaan mata yang sederhana bisa memberikan indikasi awal dari masalah yang berkaitan dengan jarak penglihatan yang mampu dilihat dengan baik. Sedangkan untuk kondisi mata lainnya yang bisa mempengaruhi kinerja anak di dalam kelas kadang membutuhkan pemeriksaan mendalam.

Berikut ini adalah 10 tanda yang mungkin terjadi pada anak yang memiliki kesulitan atau gangguan penglihatan yaitu:
1. Menyipitkan mata atau menutup satu mata saat melihat sesuatu
2. Memegang atau memabca buku dalam jarak yang dekat dari wajahnya
3. Saat membaca ia merasa kehilangan baris atau kalimat yang sedang dibacanya
4. Sering merasa sakit kepala, pusing atau mual ketika membaca
5. Sering memiringkan kepala ke salah satu sisi
6. Sering melamun
7. Menggunakan jari sebagai tanda bagi tulisan yang dibacanya
8. Menunjukkan kinerja sekolah yang semakin menurun
9. Menggosok mata berulang-ulang
10. Memiliki kecanggungan yang berlebihan

"Kami merekomendasikan semua siswa melakukan pemeriksaan mata yang komprehensif secara teratur, karena biasanya seorang anak tidak menyadari masalah yang dimilikinya," ujar Profesor Sally L Smith, selaku pendiri dan direktur The Lab School of Washington.

Dengan mengevaluasi kesehatan mata dan keterampilan melihat bisa menjadi kunci penting untuk proses belajar mengajar anak, seperti menggunakan kedua mata dengan benar, kemampuan mata untuk fokus ketika membaca atau melihat dan kemampuan mata untuk bergerak ketika membaca.