klo liat fisiknya ezra pasti ga nyangka bs menang lomba disekolah, dibanding temannya yg lain ezra termasuk anak yg males klo disuruh olahraga. kemarin waktu disekolah ada lomba melempar bola dan ga nyangka ternyata bs menang n dapat juara 1. wowww.. tentu mengagetkan saya, padahal saat loma dia agak bermalas"n. dan tidak seperti ibu" yg lainnya terus mendorong anaknya untuk mengambil bola saya si cuek aja karena saya tau dia pasti ga mau, tp ketika liat temennya tiba" dia bersemangat.

dr sini saya menyimpulkan: bunda jangan pernah memaksa apa yg anak tidak suka dan tidak mau karena klo dipaksa toh ga ada hasilnya, biarkan dan ikuti apa yg dia mau tp tentunya yg bernilai positif, karena nanti dengan sendirinya si anak akan berubah. arahkan dan bimbing terus kasih pengertian apa positifnya klo melakukan itu dan apa negatifnya klo melakukan ini.

sy termasuk orang yg sangat memaksa apa yg saya mau si anak hrs bs, tp dr hasil jura 1 nya itu saya mengerti, sy ga bs paksain kehendak saya sendiri. nah bunda mari qta biarkan si anak dengan imajinasinya sendiri tanpa terlepas dari pengawasan orangtua juga tentunya. semoga bermanfaat ya share aq x ini....