Ternyata air merupakan salah satu zat gizi penting bagi kesehatan tubuh , termasuk juga otak.



Sekitar 55-75% tubuh kita terdiri dari air , selain berfungsi sebagai pelarut dan pelumas, air juga pengatur shu serta penyedia mineral dan eletrolit bagi tubuh seperti magnesium, kalsium , disamping oksigen terlarut.



Berapa banayak air yg dibutuhkan manusia setiap hari, tergantung makanan yg dikonsumsi , suhu, kelambaban lingkungan , tingkat aktifitas , serta factor lainnya sepeerti factor kelamin , usia dan kondisi tubuh. Namun yg pasti jumlah yg dikonsumsi harus seimbnag dengan jumlah air yg dikeluarkan oleh tubuh setiap harininya.



Umumnya tubuh manusia membutuhkan 2-2.5 liter (8-10 gelas) air per hari. Jumlah kebutuhan air ini termasuk asupan dari air minum dan makanan. Selain itunasupan air juga diperoleh dari hasil metabolime makanan yg dikonsumsi dan metabolisme jaringan tubuh.



Anak yg demam , kandungan air dlm napasnya akan meningkat. Sebaliknya jumlah air yg dihiurp melalui napas berkurang akibat rendahnya kelembabab udara sekitar. Karenanya anak yg sedang demam disarankan minu m lebih banyak. Selain untuk memenuhi kebutuhan tubuhny akan air, juga bermanfaat menurunkan suhu tubuh.



Bila tubuh kekurangan 2% air akan memicu gejala awal dehidrasi seperti haus dan bibir kering. Kekurangan 4-6% air menimbulkan sakit kepala, pusing , lemah. Kekurangan 12% menyebabkan fungsi pergerakan tubuh atau otot terganggu. Akibat lainnya secara umum berupa gangguan kesehatan,, menurunnya kemampuan fifik dan daya ingat, konsentrasi belajar, susuh BAB. Kehilangan 15-25% air dalam tubuh bisa berakibat fatal, yakni pingsan bahkan kematian.



Ajari anak minum tanpa perlu menunggu haus . Bila perlu, bawa tempat minum kemana-mana. Sehingga kapanpun dibutuhkan air tersedia. Kebutuhan tubuh akan cairan dapat dipenuhi dng air minum, jus buah hingga kuah sup. Yang tdk disarankan minuman kemasan berperwarna ,pengawet dan dng kadar gula yg tinggi. Minuman bersoda sebaliknya juga dikonsumsi dalam jumlah terbatas.



Sumber : Nakita