1. Bawang Merah
Cara pertama untuk menghilangkan kutu rambut dengan bahan-bahan alami yaitu dengan memanfaatkan bawang merah. Oleskan potongan bawang merah ke seluruh kulit kepala hingga merata dan diamkan semalaman. Bawang merah memiliki aroma khas yang kuat. Aroma ini sangat tidak disukai oleh kutu. Kutu-kutu dapat mati seketika jika menghirup uap yang keluar dari bawang merah, begitu pula kutu-kutu yang masih ada di dalam telurnya akan mati sebelum menetas. Oleh karena itu, bawang merah merupakan pilihan alami dalam menghilangkan kutu rambut dan telurnya secara tuntas. Satu-satunya kekurangan dari cara ini adalah bau bawang merah mungkin melekat pada rambut. Namun, hal tersebut bisa diatasi dengan menggunakan shampoo yang beraroma harum.
2. Minyak Kelapa
Cara selanjutnya dalam mengatasi kutu rambut juga bisa menggunakan minyak kelapa. Minyak kelapa juga menjadi salah satu obat alami yang dapat membasmi kutu rambut hingga ke telur-telurnya. Oleskan minyak kelapa ke seluruh bagian kulit kepala dan rambut hingga rata, tutup dengan handuk dan biarkan semalaman. Kutu-kutu akan menjadi dehidrasi dan lama kelamaan mati dengan menerapkan cara alami ini.
3. Jeruk Nipis dan Minyak Kayu Putih
Masih menggunakan bahan alami, dalam membasmi kutu rambut selanjutnya kita akan menggunakan perpaduan antara air perasan jeruk nipis dan minyak kayu putih. Caranya cukup mudah anda hanya perlu membuat cairan jeruk nipis dan minyak kayu putih sebanyak satu dibanding satu. Selanjutnya oleskan campuran yang anda buat tadi secara merata kerambut sambil melakukan pijatan. Apabila disara sudah merata maka tutup rambut dengan menggunakan penutup rambut berbahan plastik yang memang tersedia untuk menutup kepala beserta rambutnya. Namun bila tidak ada maka bisa menggunakan handuk kering. Diamkan dalam kondisi tersebut selama kurang lebih 2 – 3 jam kemudian bilas dengan air bersih dan shampo.
4. Cuka Putih
Apabila dirasa mengalami kesulitan dengan bahan lainya tadi maka anda bisa mencoba mengatasi kutu rambut dengan memanfaatkan cuka putih. Cara pun tidak terlalu sulit bahkan bisa dikatakan hampir sama dalam penggunaanya dengan bahan di atas. Anda hanya perlu mengolesi rambut dengan cairan cuka putih sambil dipijit. Tutup dengan penutup kepala, kemudian biarkan rambut yang sudah di oles tadi selama hampir 2 – 3 jam. Jangan lupa untuk membilas dengan menggunakan shampo agar bersih.
Demikian adalah cara menghilangkan kutu rambut dengan bahan alami yang bisa digunakan untuk anak-anak maupun orang dewasa. Selain murah meriah bahan-bahan yang digunakan juga sangat mudah dijumpai.