Tumbuh kembang Si Kecil nyatanya dapat diperhatikan dari dua aspek, tumbuh yang menggambarkan perubahan fisik pada Si Kecil dan perkembangan yang menggambarkan kemampuan struktur dan fungsi tubuh yang lebih kompleks.

Biasanya, tumbuh kembang seorang anak terjadi paling pesat pada usia 0-3 tahun. Pada masa-masa ini, seorang anak juga membutuhkan asupan nutrisi dan gizi yang mencukupi untuk membantu tumbuh kembangnya menjadi lebih baik. Perhatikan kehidupan anak saat dalam proses tumbuh kembang, tumbuh kembang yang baik tentu akan memengaruhi kehidupan anak ke depannya.

Ibu perlu memperhatikan tumbuh kembang anak dari hal-hal yang paling mudah dilihat, yaitu perhatikan pertumbuhan fisik anak. Ibu bisa memulainya dengan mengukur tinggi anak. Bagi anak berusia 1 tahun, pertumbuhan tinggi fisik yang paling ideal adalah 60 sampai 70 cm dengan berat badan sekitar 10 hingga 11 kilogram. Sementara, jika ibu memiliki anak berusia 2 tahun, biasanya Si Kecil akan memiliki tinggi antara 87 sampai 94 cm dengan berat badan sekitar 12 hingga 14 kilogram.

Yuk, baca informasi lengkapnya di sini: https://www.halodoc.com/artikel/bagaimana-tahap-tumbuh-kembang-anak-yang-ideal- atau dicek di sini https://www.cdc.gov/ncbddd/childdevelopment/facts.html