1. Bantal sofa dan boneka mainan
Saat seseorang duduk di sofa atau bermain dengan boneka mainan, maka barang tersebut akan langsung kontak dengan kulit.
2. Rak buku
Debu yang menempel pada rak buku, termasuk bingkai foto atau barang lainnya yang menumpuk dapat memicu timbulnya alergi.
3. Bantal tidur
Kehangatan dan kelembaban tubuh seseorang mendorong debu dan tungau tumbuh di bantal tidur.
4. Lantai kamar mandi
Beberapa orang terkadang mendapati dirinya bersin-bersin ketika keluar dari kamar mandi. Kondisi ini kemungkinan akibat kelembaban yang terjebak pada lantai kamar mandi, sehingga debu tungau dan jamur dapat berkembang biak dengan leluasa.
5. Segel di pinggiran pintu kulkas
Tempat tersebut merupakan salah satu daerah yang jarang dibersihkan, sehingga menjadi tempat perkembangbiakan yang ideal.
6. Pemanas makanan
Ternyata panci yang mendidih bisa menjadi pemicu alergi yang signifikan. Uap yang berembus dari panci atau wajan setiap harinya akan menempel di dinding, plafon, rak atas atau tempat-tempat disekitarnya. Untuk itu pastikan kipas kompor gas berfungsi dengan baik untuk mencegah kelembaban dan menghilangkan spot-spot tersebut.
7. Pakaian lembab
Membiarkan pakaian yang basah di keranjang baju atau mesin cuci bisa menyebabkan kuman, jamur dan bakteri tumbuh serta menyebar ke tumpukan cucian.
8. Rambut dan pakaian
Ketika seseorang tiba di rumah setelah bepergian, maka debu dan serbuk dari luar bisa menempel di rambut dan pakaiannya. Rambut yang panjang dan gaya rambut yang cenderung longgar lebih memudahkan alergen menempel.
9. Akuarium ikan
Jika tidak dirawat dengan benar, maka akuarium berisi ikan-ikan yang lucu bisa menjadi pemicu timbulnya alergi. Jamur bisa tumbuh di dalam atau luar akuarium, serta makanan ikan yang berserakan juga dapat mengembangkan koloni tungau atau jamur.
10. Tamu yang memiliki hewan peliharaan
Tanpa disadari, tamu yang datang bisa membawa bulu binatang peliharaannya ke dalam rumah. Bulu yang ikut terbawa ini biasanya jika menempel di pakaian dan menyebar di furniture, meskipun hewan peliharaannya tidak dibawa.