Selama ini, telah diketahui secara umum, bahwa kalsium merupakan komponen utama penyusun tulang. Kekurangan kalsium berarti akan mengganggu proses pembentukan tulang, membuatnya mudah keropos, dan pada kaum dewasa dapat menyebabkan osteoporosis. Ternyata, selain kalsium terdapat jenis zat gizi mikro lainnya yang penting untuk kesehatan tulang. Berikut beberapa diantaranya

Vitamin D
Vitamin larut lemak ini sangat penting untuk meningkatkan efektifitas penyerapan kalsium. Defisiensi vitamin D -apalagi juga defisiensi kalsium, akan menimbulkan masalah serius bagi kesehatan tulang. Tidak aneh, jika saat ini banyak produk yang difortifikasi dengan mengombinasikan kalsium dengan vitamin D.

Vitamin K
Peranan vitamin K yang paling terkenal adalah fungsinya dalam penggumpalan darah, terutama bila terjadi luka. Ternyata, disamping itu vitamin K juga berperan dalam metabolisme tulang. Terdapat dua jenis vitamin K yang ditemukan di alam, yakni vitamin K1 (phylloquinone) dan vitamin K2
(menaquinone). Vitamin K1 berasal dari tumbuhan, sedangkan K2 bersumber dari bahan pangan hewani atau mikroba. Namun demikian, beberapa penelitian menunjukkan, bahwa phylloquinone memiliki aktivitas yang lebih baik dibandingkan menaquinone.

Vitamin C
Siapa yang tidak kenal dengan manfaat vitamin C. Zat gizi mikro ini sangat populer karena aktivitas antioksidannya. Namun, siapa sangka vitamin C ternyata juga bermanfaat bagi kesehatan tulang. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa asupan vitamin C mempengaruhi komposisi dan densitas tulang.

Magnesium
Mineral ini berperan penting dalam metabolisme energi dan mendukung kesehatan sistem syaraf. Selain itu, magnesium juga memiliki pengaruh positif bagi metabolisme tulang. Konsumsi produk yang mengandung magnesium dapat meningkatkan kandungan mineral pada tulang.

Dengan mengetahui informasi tersebut, selain kalsium, berarti kita juga harus memperhatikan kecukupan zat gizi lainnya bagi anak. Konsumsi makanan secara beragam dan seimbang adalah kuncinya. LF