Bayi dan balita memiliki tingkat sensitivitas yang tinggi. Keadaan ini membuat kita harus lebih cermat memilihkan makanan untuknya. Apalagi, jika menggunakan makanan instan ataupun membeli makanan yang tidak dibuat sendiri. Kandungan zat-zat di dalamnya mungkin saja ada yang membehayakan kesehatan si kecil tersayang. Berikut ini adalah info mengenai zat-zat berbahaya yang tidak boleh ada dalam makanan, yaitu antara lain:



1. Pewarna kimia, menyebabkan alergi dan kanker hati.
2. Boraks, dapat menyebabkan alergi kulit, mual-mual, muntah, diare, kerusakan ginjal.
3. Timbal (Pb), dapat menyebabkan gangguan pencernaan, gangguan sistem saraf pusat, kemandulan [ada pria, dan keguguran.
4. Sakarin atau aspartam, sejenis pemanis buatan yang diduga menyebabkan kanker kandung kemih, tumor otak, dan gangguan syaraf.
5. Dioxin, zat yang terkandung dalam plastik. zat penyebab kanker no. 1 di dunia.
6. Styrene, berasala dari kemasan makanan terbuat dari bahan styrofoam. jika sering mengkonsumsinya (dengan tidak sengaja), bisa menghilangkan kreativitas anak. jika terus menerus dapat menyerang sistem syaraf.
7. Peptisida, menggangu kerja sistem syaraf.
8. Merkuri, menyebabkan gangguan kulit sampai syaraf.
9. Rhodamin B, sejenis bahan pewarna yang dapat menyebabkan kanker, keracunan paru-paru, usus, hidung, tenggorokan, dan mata.
10. Formalin, dapat menyebabkan kerusakan sistem saraf dan kanker.
11. Monosodium Glutamat (MSG), atau vetsin. konsumsi MSG diatas 2 gram dapat menyebabkan alergi.