1. Bermain paling tepat dilakukan ketika bayi sudah mendapatkan istirahat cukup dan dalam suasana hati yang tepat. Bayi yang kelelahan, lapar, atau rewel tidak akan semangat bermain meskipun Anda merasa apa yang Anda lakukan mungkin menyenangkan.
2. Bermain dengan anak dapat membantu meningkatkan kosa kata, menguatkan otot, meningkatkan keterampilan motorik, dan mengembangkan indra, terutama pada tahun pertama. Jadi pilih kegiatan—seperti tummy time, membaca, menyanyi—yang mengandung manfaat belajar dan bermain.
3. Setiap kali Bayi mengoceh atau berbisik, ulangi suara yang dia buat. Jika Anda mengajaknya bicara, dia akan mulai merespon dan bahkan meniru suara yang Anda buat.
4. Daftar ke kelas ibu dan anak, membaca di perpustakaan setempat, atau mengikuti kelas tidak hanya aktivitas yang menyenangkan bagi Anda berdua, tetapi juga memberi Anda kesempatan untuk berbaur dengan orangtua lain. Untuk bayi, dia akan mulai belajar beberapa keterampilan sosial yang sangat berharga.
5. Belilah mainan yang sesuai dengan bayi Anda dan pastikan si kecil bisa menggunakannya dan mainan itu aman.
6. Anda tidak perlu menghabiskan banyak uang untuk membeli mainan. Kegiatan sederhana seperti mandi dan makan bisa berubah menjadi saat-saat menyenangkan.
Selamat bermain dengan si kecil, bun