Kaum ibu urban menyadari pentingnya mendongeng untuk meningkatkan bonding dengan anak-anak. Dengan stimulasi yang tepat, ibu bisa lebih kreatif mendongeng. Tak hanya kreatif, ternyata ibu juga punya kebutuhan tertentu saat mendongeng.

Melalui program "Dunia Dreamy Creamy", merek es krim ternama memberikan inspirasi mendongeng untuk anak, menyasar kaum ibu. Dari roadshow di beberapa sekolah, Nuning Wahyuningsih, Senior Brand Manager Wall’s In-Home PT Unilever Indonesia, Tbk mengatakan ternyata ibu membutuhkan momen mendongeng untuk menanamkan pendidikan moral kepada buah hatinya.

"Banyak ibu yang mengkhawatirkan pendidikan moral. Jadi mereka ingin mengombinasikan dongeng dengan unsur moral, baik dengan cerita religius maupun dengan cerita yang lebih menyenangkan," tutur Nuning saat temu media di restoran Meradelima, Jakarta, beberapa waktu lalu.

Menurut Nuning, mendongeng menjadi salah satu pilihan metode untuk menanamkan nilai-nilai positif kepada anak. Karenanya, ibu menaruh perhatian besar dalam konten dongeng.

Ia melanjutkan, meski tujuannya sama yakni memberikan pendidikan moral pada anak, ada dua tipe ibu dan pilihan dongengnya.

Ada ibu yang lebih menyukai dongeng tokoh agama atau kisah religius, sebagai cara untuk memberikan pendidikan moral dan agama sedini mungkin. Kelompok lainnya, ibu yang lebih menyukai kisah dongeng menyenangkan tapi sarat pendidikan moral dalam isi ceritanya.

Bagaimana dengan Anda, pilihan dongeng seperti apa yang lebih disukai untuk anak-anak?




sumber:female.kompas.com