Apa saja yang Anda rasakan pada awal kehamilan?



Pada minggu ketujuh, Anda akan mengalami keluhan sering buang air kecil sehingga mengharuskan Anda seringkali bolak-balik ke kamar kecil. Rahim yang emmbesar akan menekan kandung kemih sehingga Anda akan buang air kecil lebih sering dari biasanya. Terkadang urine tanpa sengaja keluar saat Anda sedang tertawa atau bersin.

Walaupun demikian, tetaplah konsumsi delapan gelas setiap harinya. Namun hindari banyak minum pada malam hari agar tidur Anda tidak terganggu. Pada bulan keempat, desakan untuk buang air kecil terlalu sering akan berkurang.

Meningkatnya kadar estrogen dalam tubuh memicu produksi lendir dan menimbulkan lendir kental berwarna putih dan berbau tajam. Lendir ini disebut leukorrhea (keputihan). Mandilah lebih sering dan gunakan bahan celana dalam yang terbuat dari bahan katun yang longgar.

Kehamilan Anda dapat mengganggu pertahanan alami tubuh melawan berkembangnya Candida albicans (bakteri alami yang tumbuh di vagina). Oleh karena itu timbul infeksi bakteri, yang dapat diidentifikasikan dengan keluarnya lendir berwarna putih atau kekuningan.

Selain itu banyak calon Ibu yang mengalami mual dan muntah selama trimester pertama (pada minggu-minggu kedelapan). Hal ini disebabkan akibat meningkatnya kadar hormon hCG yang berfungsi mengatur persediaan hormon estrogen dan progesteron dalam tubuh selama masa kehamilan. Keluhan mual dan muntah yang Anda rasakan lebih dikenal dengan nama Morning Sickness. Bagaimana cara mengatasinya?

1. Hindari makanan dan bau-bauan yang dapat memicu datangnya rasa mual. Misalnya asap rokok, kopi, atau makanan yang berlemak.
2. Tingkatkan frekuensi makan Anda dalam sehari.
3. Konsumsi air putih atau cairan lainnya di sela-sela waktu makan Anda.
4. Pilihlah minuman karbonat, cracker, atau roti tawar panggang sebagai cemilan Anda.