1. Memberi ASI, si cairan cinta karena ASI memiliki keajaiban:

* Menumbuhkan rasa cinta pada bayi. Memberikan ASI secara langsung menstimulasi hormon-hormon laktasi ibu, yakni prolaktin dan oksitosin. Hormon oksitosin ini membuat ibu lebih perhatian, lebih tertarik untuk menyenangkan hati anak, lebih peka terhadap perasaan bayi dan lebih cepat mengenali bahasa nonverbal si kecil, asalkan menyusui bayi secara langsung dilakukan secara konsisten.
* Memenuhi kebutuhan emosi anak. Saat Anda menyusui tentu Anda memeluk, menyentuh kulit dan melakukan kontak mata dengan bayi Anda. Si kecil pun merasakan cinta ibu.
* Makanan bagi otak bayi. ASI penting bagi perkembangan otak dan perkembangan bayi, terutama bagian otak yang memroses hal-hal yang berkaitan dengan kekerasan, depresi dan perilaku sosial. Bayi yang mendapatkan ASI lebih mudah memahami ajaran perilaku yang baik.

2. Tidur bersama. Tidur bersama satu ranjang bersama bayi melanjutkan kedekatan Anda dan si kecil di malam hari terutama bila di siang hari Anda sibuk melakukan kegiatan lain. Tidur bersama bisa memenuhi kebutuhan rasa aman. Bayangkan saat ia terbangun, menangis di malam hari dan ia tahu sendirian, pasti menakutkan! Tahu Anda berbaring di sisinya, seseorang yang dia kenal bau dan parasnya, si kecil pasti tenang dan aman. Perasaan aman modal penting untuk percaya dan mencintai orang lain.