Tidak ada yang tidak kenal wortel. Wortel merupakan jenis sayuran terpopuler kedua setelah kentang. Sayuran yang dikenal memiliki kandungan Vitamin A yang sangat tinggi ini sangat baik untuk perkembangan dan kesehatan fungsi mata, kulit, proses tumbuh kembang balita dan daya tahan terhadap serangan infeksi.Selain itu, wortel juga mengandung pigmen tumbuhan yang disebut beta karoten, yang termasuk senyawa carotenoid. Dari kata inilah nama carrot diberikan untuk wortel dalam bahasa inggris.
Namun ada satu lagi yang istimewa. Wortel ternyata tak hanya efektif dimakan segar. Setelah direbus atau dikukus, ternyata efektivitas kandungan zat gizi wortel, khususnya antioksidan beta karoten, justru lebih tinggi dibanding wortel segar. Seperti diketahui, antioksidan bisa menetralisasi radikal bebas yang menyebabkan berbagai penyakit seperti kanker, Alzheimer, dan masalah pencernaan. Demikian hasil penelitian dari Universitas Arkansas.
Penelitian yang diketuai oleh Prof.Luke Howard dan asistennya, S.T. Talcott dan C.H. Brenes mengukur kadar antioxidan pada wortel segar dan wortel yang sudah dikukus. Hasilnya? Kadar antioksidan meningkat 34,3% segera setelah proses pemasakan selesai dan bertambah terus selama satu minggu kemudian. Setelah itu menurun, tapi tetap lebih tinggi kadarnya dibanding kadar antioksidan pada wortel segar. Hasil penelitian ini juga dilaporkan dalam Journal of Agricultural and Food Chemistry, yang dipublikasikan the American Chemical Society. Jadi, bagi bunda yang punya anak balita, finger food dari wortel rebus bisa jadi alternatif menu sehat bagi si buah hati.