Si kecil gemar sekali jajan, berbagai macam jenis jajanan yang dijajakan di pinggir jalan seringkali menggugah seleranya. Padahal jajanan tersebut tidak baik bila dikonsumsi di masa tumbuh kembang buah hati Bunda. Tidak dapat dipungkiri berbagai macam jajanan tersebut bisa saja mengandung zat-zat yang tidak baik bagi kesehatannya.


Beberapa zat-zat yang terkandung di beberapa jenis jajanan anak yang tidak baik bila dikonsumsi antara lain :

Rhodamin B, yakni zat pewarna sintetik yang biasanya digunakan untuk tekstil kerapkali ditemui pada jajanan anak. Warna-warna yang cantik pada makanan seringkali menarik minat si kecil untuk mencobanya. Untuk itu tanamkan pada si kecil untuk tidak tergiur dengan jajanan yang warnanya mencolok. Karena bila mengkonsumsi makanan yang mengandung Rhodamin dapat menyebabkan gejala keracunan dan kerusakan pada organ hati.

Pemanis Buatan. Biasanya pemanis buatan hanya digunakan pada pangan rendah kalori dan pangan tanpa penambahan gula, namun kenyatannya banyak ditemukan pada beberapa produk permen, jelly dan minuman.

Pengawet. Zat ini biasanya ditambahkan pada makanan untuk menghambat pembusukaan makanan. Contohnya formalin, yang dapat menyebabkan gangguan pencernaan. Atau Boraks yang dapat mengakibatkan mual, muntah, diare, kerusakan ginjal, serta gangguan pada otak dan hati.

Bagaimana cara agar si kecil terhindar dari jajanan yang tidak sehat?

Sediakanlah sarapan untuk si kecil sebelum berangkat ke sekolah. Buatlah suasana yang nyaman di meja makan. Sebisa mungkin bekali si kecil dengan makanan buatan sendiri yang lezat dan bervariasi.

Berikanlah contoh kepada si kecil dengan memilih jajanan yang sehat dan baik. Lebih baik lagi jika Anda mengurangi frekunsi jajan Anda dan mengajarkan si kecil untuk menabung uang jajannya ke dalam celengan. Bunda bisa menghadiahkan padanya celengan dengan bentuk yang lucu dan menarik.
semoga berguna bunda