Anda mungkin kagum atas apa yang anda tidak perkirakan sebelumnya, ketika si buah hati sudah memasuki usia yang sudah bukan bayi lagi.
Persiapkanlah, hal itu merupakan tantangan, hadiah yang tak ternilai dan waktu yang tak bisa terlupakan atau diulang.

Banyak variasi perilaku yang terjadi dalam beberapa tahun ketika sang buah hati memasuki dunia ini, dan seberapa banyak pengawasan yang terjadi. Buah hati anda akan mencoba menunjukan apa saja yang dia dapat kerjakan secara konsisten dan dia akan menciptakan kegiatan yang rutin dalam hari-harinya, tentu kondisi yang terprediksi dan aman bagi anda.

Cerita-cerita yang menakutkan seringkali muncul menjadi kenyataan ketika suasana hati buah hati anda berubah, keinginan yang kuat dan segera harus terpenuhi dapat membuatnya tantrum, khususnya ketika berada dalam toko swalayan atau di tempat umum. Beberapa orang tua menemukan fase seperti ini sebenarnya mulai pada saat usia tiga tahun ketimbang dua tahun.

“nggak” mungkin menjadi kata-kata favorit dia baik diucapkan secara jelas maupun tidak. Dia akan terus menggunakannya dan menjadikan kebiasaan. Dia akan menolak secara kuat segala sesuatu yang dia tidak sukai dengan memakai kata tersebut.

Tantangan perilaku seperti ini akan dengan mudah hilang ketika dia mulai menginjak usia empat tahun, dan anda akan menemukan dengan cepat perubahan dimana buah hati anda akan lebih banyak bertanya apa dan mengapa.

Selama tahun-tahun batita dan pra sekolah anda akan mencatat sebuah perubahan pada reaksi buah hati anda ketika anda meninggalkan dia. Tahun pertama pada usia batita, dia selalu menginginkan anda dekat dengannya setiap saat, pada saat usia menjelang tiga tahun dia akan merasa bahagia bermain dalam pengawasan anda setiap saat, dan pada usia empat tahun dia hanya akan mencari tahu keberadaan anda setiap saat dengan memanggil dan mencari keberadaan anda.

Ketika anda mulai persiapan untuk pra sekolah, anda akan terasa seperti tahun-tahun pertama lewat begitu saja. Karena itu saran kami, luangkan waktu untuk selalu mengabadikan momen-momen anda bersama dengan dia ketika mulai memasuki usia empat tahun, buatlah dokumentasi baik berupa foto maupun rekaman film, hal ini sebagai bahan untuk mengingat kembali banyak hal yang telah dipelajari dan dilakukan bersama. Kegiatan membuka album foto ataupun memutar film ini akan menjadikan kegembiraan bersama.

Tulisan ini sebaiknya hanya digunakan sebagai petunjuk saja. Anak-anak terbangun dengan tahapan yang berbeda-beda karena faktor lingkungan, tetapi jika anda menginginkan informasi yang lebih dalam sebaiknya kunjungi dokter anda atau tanyakan kepada ahlinya. (B)