Di luar dugaan, wajah bayi yang baru lahir, nampak tak terlalu mirip dengan Anda dan suami. Apa saja yang dari wajah bayi baru lahir?

Banyak orang tua baru terkaget-kaget melihat penampilan bayinya yang baru lahir. “Jauh dari bayangan saya,” komentar seorang ibu cantik yang baru saja melahirkan bayi pertamanya. Bayi yang baru lahir bisa saja tampil sedikit “berbeda” dari ibu-ayahnya untuk beberapa hari pertama!

* Benjolan di atas kepala. Bagian lunak yang menonjol seperti bengkak itu (caput succedaneum) muncul akibat tekanan rongga panggul pada kepala bayi beberapa saat sebelum lahir. Bentuk kepala seperti ini juga terjadi pada bayi yang lahir dengan bantuan vakum.
Lakukan ini: Saat mandi, kompres bagian yang bengkak dengan handuk lembut yang sudah dicelupkan air hangat. Bentuk kepala akan normal dalam 2 minggu.
* Kelopak mata bengkak. Akibat tekanan di bagian mata bayi pada saat proses persalinan
Lakukan ini: Kompres matanya dengan air hangat pada saat mandi pagi dan sore hari.
* Wajah berbulu. Jangan kuatir, bulu-bulu halus itu tak akan tumbuh tebal sehingga bayi Anda menakutkan
Lakukan ini: Jangan oleskan obat apapun untuk menghilangkan bulu-bulu halus tersebut. Biasanya, seminggu lagi bulu-bulu halus itu akan mulai rontok dan wajah si kecil pun berangsur bersih
* Hidung pesek. Bayi lahir dengan bentuk hidung yang tertekan akibat proses persalinan, biasanya persalinan normal.
Lakukan ini: Tidak ada. Tunggu saja 2-4 minggu maka hidung bayi akan “muncul: dan tampak normal seperti bayi lainnya
* Daun telinga terlipat. Ketika janin semakin besar, ruang di rahim terasa makin sempit sehingga tak sengaja daun telinganya terlipat dalam waktu agak lama.
Lakukan ini: Saat memandikan dan menimangnya, “buka” lipatan perlahan-lahan. Maksimal sampai 3 bulan daun telinga bakal normal.


by ayahbunda