Bila bayi Bunda sudah mulai makan makanan padat dan tampak begitu menikmati berbagai rasa dan tekstur makanan. Apakah Bunda lantas berpikir bahwa si kecil sepertinya membutuhkan variasi makanan-makanan baru saat ini?

Ingat lho Bunda, si kecil masih pada tahap perkenalan makanan padat. Bunda bisa memperkenalkan aneka variasi baru setiap 4-5 hari sekali. Ini membantunya mengenal berbagai jenis makanan sekaligus beradaptasi.

Mungkin sebagai orang tua kita berpikir akan sangat membosankan si kecil bila ia terus-menerus diberi asupan yang sama. Padahal tidak mengapa lho, Bund…

Lalu kapan sih bayi kita benar-benar membutuhkan variasi makanan?

Kelak saat usianya memasuki 9-10 bulan. Pada usia ini bayi akan mulai menyukai jenis makanan tertentu dan mulai penasaran mencobai sendiri aneka bentuk makanan. Dia akan tertarik dengan aneka warna, bentuk dan tekstur makanan. Tiba pula saatnya bayi Bunda mulai bosan dengan asupan yang itu-itu saja.

Bila Bunda tergoda untuk menciptakan beberapa resep variasi untuk buah hati yang masih dibawah 9-10 bulan, cobalah lakukan dengan membuat aneka bentuk atau irisan makanan yang berbeda. Atau mencoba mencampur bahan satu dengan bahan makanan lain.

Bayi pada dasarnya belum menyadari kalau variasi bentuk atau campuran beberapa bahan pangan hanyalah bentuk lain dari makanan yang biasa dia konsumsi. Maka Bunda bisa memanfaatkan peluang ini untuk membangun minatnya pada makanan agar kelak bayi kecil Bunda tidak pemilih dan sulit makan dalam proses tumbuh kembangnya.